Kades se-Parimo Ikuti Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa

id Parimo

Kades se-Parimo Ikuti Sosialisasi Pengelolaan Dana Desa

Sekretaris Direktorat Perimbangan Keuangan Kemenku Putut Harisatiakan memberikan pengarahan pada sosilasai dana desa di parigi, Kamis (2/6) (Antarasulteng.com/Humas Parimo)

Dana desa tahun 2016 se-Indonesia mencapai Rp47 triliun
Parigi (antarasulteng.com) - Wakil Bupati Parigi Moutong H. Badrun Nggai, SE membuka Sosialisasi Transfer ke Daerah dan Dana Desa tahun 2016 di Auditorium Kantor Bupati Parigi Moutong, Kamis.

Sosialisasi tersebut dihadiri Sekretaris Direktorat Perimbangan Keuangan Kemenku Putut Harisatiakan dan  diikuti seluruh camat serta Kepala Desa se-Kebupaten Parigi Moutong.

Wabup mengatakan untuk menginplementasikan program tersebut, Kementerian Keuangan mengucurkan anggaran yang cukup besar kepada daerah untuk selanjutnya disalurkan ke desa-desa dalam bentuk dana desa.

"Saya harap pemerintah desa memanfaatkan dana desa tersebut dengan sebaik mungkin untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara menyeluruh di daerah ini," kata Badrun.

Ia minta seluruh kepala desa yang mengikuti sosialisasi itu untuk menyosialisasikan lebih lanjut ke aparay desa lainnya seperti BPD, Sekdes dan tokoh-tokoh masyarakat untuk menyusun program pengelolaan dana desa yang tepat.

Sedangkan Putut Harisatiakan mengatakan sosialisasi bertujuan menyamakan persepsi sekaligus memberikan pembekalan tehknis maupun hal-hal yang sifatnya normatif agar seluruh kepala desa mengerti bagimana mengelola dana desa.

Pemerintah, katanya, pada 2015 mengalokasikan dana desa Rp20 triliun atau rata-rata Rp250 juta tiap desa dan tahun 2016 dialokasikan lagi Rp47 triliun atau rata-rata Rp580 juta/desa.

"Dengan besarnya dana desa yang dikeluarkan maka menuntut tanggung jawab yang lebih besar dari aparat desa untk mengelolanya secara bertanggung jawab dan tepat sasaran.