PMI Palu Gelar Safari Donor Selama Ramadhan

id pmi

PMI Palu Gelar Safari Donor Selama Ramadhan

Aksi donor darah (ANTARA/Septianda Perdana)

Palu  (antarasulteng.com) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Palu menggelar safari donor darah di masjid-masjid se-Kota Palu selama bulan ramadan untuk memenuhi kebutuhan stok darah selama bulan puasa.

Safari donor diadakan seusai salat tarawih di masjid-masjid yang ramai pengunjung seperti Masjid Raya Baiturrahim Palu, Masjid Agung Darussalam, masjid Naru Naim Tatura, dan Nurul Haq Tinggede, kata Direktur PMI Sulawesi Tengah dr. Abdullah di Palu, Selasa.

Safari donor seperti ini, kata mantan Kadis Kesehatan Sulteng itu, sudah dua tahun terakhir ini digelar sebagai upaya PMI untuk menanggulangi kekurangan stok darah saat bulan ramadhan.

"Saat bulan ramadan, pendonor darah yang datang ke PMI berkurang drastis," kata mantan Direktur RSUP Undata Palu itu.

Ia mengatakan bahwa acara safari donor darah ini disambut baik oleh masyarakat, bahkan respon yang diberikan sangat tinggi sehingga cukup banyak umat yang mendonorkan darahnya usai shalat tarawih.

Saat ini, kata Abdullah, stok darah di PMI hanya 171 kantong untuk seluruh jenis golongan darah. Stok tersebut hanya dapat memenuhi kebutuhan darah selama enam hari ke depan, katanya.

PMI menerjunkan satu tim melaksanakan safari donor darah ramadan setiap harinya. Pihaknya ingin menambah jumlah tim guna memaksimalkan hasil, namun terkendala sarana karena PMI Palu hanya punya satu buah bus.

"Pencarian donatur darah juga terbantu dengan adanya undangan dari perusahaan-perusahaan yang merayakan ulang tahun dan melakukan donor darah seperti ulang tahun Detasemen Polisi Militer (Denpom) beberapa waktu lalu," katanya.

Abdullah juga menghimbau warga nonmuslim meningkatkan donor darah selama ramadan. Karena itu, PMI juga berencana menggelar safari donor darah ke gereja-gereja untuk mempermudah masyarakat nonmuslim mendonorkan darahnya.