Masyarakat Harap Gubernur Sulteng Benahi Infranstruktur

id longki, sulteng

Masyarakat Harap Gubernur Sulteng Benahi Infranstruktur

Gubernur Sulawesi Tengah terpilih Longki Djanggola (kiri) berjabat tangan dengan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah terpilih Sudarto (kanan) sebelum menerima petikan Keppres di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (16/6).

Beliau harus segera realisasikan janjinya itu kepada masyarakat
Palu,  (antarasulteng.com) - Masyarakat sangat berharap kepada pasangan Gubernur Sulawesi Tengah, Longki Djanggola dan Sudarto yang baru saja dilantik Presiden Jokowi di istana pada Kamis (16/6) segera membenahi infranstruktur guna peningkatan perekonomian dan kesejahteraan hidup rakyat di daerah itu.

"Pasangan Gubernur Sulteng Longki/Sudarto harus segera merealisasi semua janji mereka kepada masyarakat di Provinsi Sulteng," kata Barnabas, salah seorang warga Kabupaten Sigi, Jumat.

Ia mengatakan Gubernur Longki dan H Sudarto (Wakil Gubernur Sulteng) berjanji sebelum terpilih pada Pilkada 2015 untuk membenahi infranstruktur guna meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di provinsi ini.

"Beliau harus segera realisasikan janjinya itu kepada masyarakat," kata petani asal Kecamatan Lindu, Kabupaten Sigi itu.

Ia mengatakan hingga kini, semua desa di wilayah itu masih belum menikmati penerangan listrik PLN, prasana jalan memadai dan juga sarana telekomunikasi.

Jalan menuju Kecamatan Lindu sampai sekarang ini meski sudah bisa dilewati kendaraan sepeda motor dan mobil, tetapi masih sangat sulit dilalui saat musim hujan seperti sekarang ini.

Memang sebagian badan jalan sudah dicor beton. "Tapi sebagian besar belum sehingga saat hujan, jalan sulit dilewati dan khusus mobil praktis tidak bisa.

Sementara Kecamatan Lindu merupakan salah satu destinasi wisata yang kini semakin banyak wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke wilayah itu.

Obyek wisata menarik yang ada di wilayah tersebut adalah Danau Lindu yang memiliki panorama indan dan menawan sehingga banyak dilirik para wisatawan.

Di wilayah itu, juga terdapat flora dan fauna yang menggangumkan masuk dalam Kawasan Taman Nasional Lore Lindu (TNLL).

Karena itu,masyarakat sangat mendambahkan adanya sarana dan prasana infranstrutur memadai guna mempercepat peningktan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Selain itu juga akan meningkatkan kunjungan dan perolehan devisa dari sektor pariwisata yang menjadi pilar prioritas Pemerintah Kabupaten Sigi.

Hal senada juga disampaikan Abram, salah seorang tokoh masyarakat di Kecamatan Lore Tengah, Kabupaten Poso. Ia juga berharap Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Longki/Sudarto untuk memperbaiki dan membangun infranstruktur, listrik, telekomunikasi dan jalan memadai.

"Saya yakin jika semua infreanstruktur sudah tersedia dengan memadai, niscaya perekonomian masyarakat jauh akan meningkat dari sekarang ini,`katanya.

Di Kecamatan Lore Tengah, kata dia prasana jalan sudah ada, tetapi kondisinya cukup memprihatinkan karena banyak berlong dan menjadi kubangan binatang.

Begitu pula ada beberapa obyek wisata yang hingga kini belum memiliki prasana jalan memadai sehingga belum banyak wisatawan yang mengunjunginya.

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng diharapkan dalam lima tahun ke depan ini, bisa memprioritaskan pembangunan dan perbaikan infranstruktur pada wilayah-wilayah yang selama ini terbilang masih terkebelakang dari lainnya.