Dinkes Sulteng Buka Layanan Kesehatan PSC 119

id kesehatan

Dinkes Sulteng Buka Layanan Kesehatan PSC 119

Ilustrasi (antaranews)

Pelayanan tersebut gratis bagi mereka yang berada di radius 30 kilometer Kota Palu
Palu,  (antarasulteng.com) - Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah membuka layanan kesehatan PSC 119 dan call center 085256231140, untuk mensukseskan jelang arus mudik dan balik Idul Fitri 1437 H/2016.

"Pelayanan tersebut gratis bagi mereka yang berada di radius 30 kilometer Kota Palu," ungkap Kepala UPT penanggulangan krisis kesehatan Dinkes Sulteng, Burhan Tahir di Palu, Sabtu.

Untuk memberikan layanan tersebut, pihaknya menyediakan 3 unit ambulans untuk 3 shift per hari, satu orang dokter umum, 10 orang perawat dan 5 orang di call center. Hal itu bertujuan meningkatkan upaya pelayanan kesehatan dalam mencegah terjadinya kesakitan, kecacatan dan kematian serta faktor-faktor risiko akibat arus mudik dan arus balik.

"Kami juga ingin memberikan pelayanan penanggulangan gawat darurat terpadu pra rumah sakit," ujarnya.

Tim tersebut kata dia, siap untuk memberikan layanan kepada masyarakat dalam hal apa pun. Jika nantinya dibutuhkan, masyarakat tinggal menghubungi call center yang telah ada baik berada dari rumah atau kediaman yang membutuhkan.

"Silakan dihubungi dalam radius yang disediakan, tim akan mendatangi masyarakat yang membutuhkan," tambahnya.

Lebih lanjut kata Burhan, kejadian yang membutuhkan layanan kesehatan akan memberikan pelayanan di tempat, namun jika membutuhkan perawatan lebih lanjut tim akan membawa ke pelayanan kesehatan setingkat diatasnya.

Selain itu, jelang lebaran 2016 ini, Dinkes dan tim kesehatan yang telah dibentuk juga berfungsi dalam menyiapkan pos kesehatan di terminal pelabuhan dan bandara, penyiapan ambulance, kegiataan kekaratinaan, penyediaan obat-obatan, pengawasan dan pemantauan keberangkatan dan kedatangan pemudik serta pengendalian faktor-faktor lingkungan.