81 Persen Pengguna Internet Berbelanja Online Di Ramadhan Tahun Ini

id belanja

81 Persen Pengguna Internet Berbelanja Online Di Ramadhan Tahun Ini

Hari Belanja Online Nasional (ANTARA News/Nanien Yuniar)

Jakarta (antarasulteng.com) - Hasil survei mobile browser milik Alibaba Group, UC Browser, mengungkap bahwa 81 persen pengguna mobile internet di Indonesia mengunjungi situs belanja online di Ramadhan tahun ini.

Survei tersebut menyebutkan setidaknya satu kali dalam empat minggu terakhir, dan setengah dari responden mengakses website ecommerce lebih dari tiga kali per hari.

"Traffic ke situs B2C seperti Lazada dan marketplace seperti Tokopedia dan Bukalapak meningkat pesat di bulan Ramadan ini," kata Kenny Ye, GM of Global Markets Alibaba mobile business group, dalam keterangan tertulisnya yang diterima ANTARA News, Kamis.

"Tiga faktor utamanya adalah 'diskon besar', 'situs belanja yang terpercaya' dan 'pembayaran yang aman'," sambung dia.

Berdasarkan survei UC Browser, 83 persen dari online shopper mulai berselancar ke situs online shopping sebelum minggu ketiga dan juga minggu terakhir bulan Ramadhan yang mana biasanya mal-mal menggelar night sale. 

Di antara berbagai platform e-commerce, Lazada, Tokopedia dan Bukalapak menjadi tiga situs belanja online yang paling populer di kalangan responden pada bulan Ramadhan ini, Lazada 20 persen lebih populer dibanding para pesaingnya.