Lebaran 2016 - TNLL Tetap Buka Obyek Wisata Tambing

id tambing

Lebaran 2016 - TNLL Tetap Buka Obyek Wisata Tambing

Danau Tambing (palugate.com)

Palu,  (antarasulteng.com) - Taman Nasional Lore Lindu tetap membuka obyek wisata Danau Tambing bagi para pengunjung selama musim liburan Lebaran dan sekolah.

"Petugas kami tetap ada di lokasi 1x24 jam," kata Kepala Balai Besar TNLL Sudayatna di Palu,Senin.

Ia mengatakan obyek wisata itu setiap harinya tetap beroperasi melayani pengunjung termasuk wisatawan mancanegara (wisman).

Obyek wisata Danau Tambing merupakan salah satu dari sejumlah destinasi wisata di Provinsi Sulteng yang dikunjungi cukup banyak wisatawan lokal, nusantara, dan mancanegara.

Lokasi obyek wisata tersebut terletak di ketinggian sekitar 1.700 meter dari atas permukaan laut dan masuk dalam wilayah Kecamatan Lore Utara, Kabupaten Poso.

Setiap hari libur, kata Sudayatna, lokasi ini banyak dikunjungi wisatawan baik mereka yang gemar memancing, berkemah, mendaki gunung dan juga mengamati dan meneliti berbagai satwa, terutama burung.

Selama ini, wisman yang datang adalah para penggemar dan peneliti burung. Di sekitar Danau Tambing ada lebih dari 200 ekor jenis burung yang sekitar 30 persen di antaranya adalah khas Danau Tambing.

Artinya, burung-burung tersebut hanya ada dan bekembangbiak di alam sekitar obyek wisata tersebut.

Pada 2015, jumlah wisatawan, termasuk wisman yang berkunjung ke obyek wisata itu mencapai 6.000 orang atau meningkat dibandingkan sebelumnya hanya sekitar 3.000 orang.

Selama berada di lokasi Danau Tambing, para pengunjung bisa menikmati wisata memancing ikan mujair, ikan mas, ikan tawes dan juga ikan gabus serta belut (sugili).

Selain itu, para pengunjung juga bisa berkemah, mendaki gunung, tetapi khusus selama beberapa bulan ini dan ke depan, kegiatan mendaki masih ditutup.

Juga pengunjung bisa melihat dari dekat rumah anggrek dan tumbuhan langka kantong semar khas Danau Tambing yang banyak diminati para pengunjung dari berbagai penjuru kota di Indonesia dan mancanegara yang datang di obyek wisata itu.

Dari Kota Palu menuju Danau Tambing dibutuhkan waktu dua jam dengan menggunakan kendaraan sepeda motor atau mobil. Lokasi ini terletak di pinggiran jalan provinsi Palu-Napu.