Festival Palu Nomoni Butuh Rp4,4 Miliar

id nomoni

Festival Palu Nomoni Butuh Rp4,4 Miliar

Festival Pesona Palu Nomoni 2016 (mataramnews.co.id)

Palu,  (antarasulteng.com) - Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN) Kota Palu, Sulawesi Tengah, yang dijadwalkan berlangusng pada 24-26 September 2016 membutuhkan anggaran penyelenggaraan senilai Rp4,4 miliar.

Wali Kota Palu Hidayat mengatakan di Palu, Minggu, festival berskala nasonal yang diluncurkan di Jakarta oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan pada 20 Juni 2016 di Jakarta itu sedang bahas anggarannya untuk dimasukkan dalam APBD 2016 sekitar Rp2,5 miliar.

Selain itu Pemkot Palu juga mendapat bantuan dari pemerintah pusat lewat Kementerian Pariwisata dan Kebudayaan senilai Rp900 juta dan selebihnya diharapkan dari bantuan pihak-pihak lain yang tidak mengikat.

"Ada keterlibatan pihak bank, investor maupun pemodal di daerah tersebut untuk menyukseskan Festival Pesona Palu Nomoni," urainya.

Pemkot Palu, kata Hidayat, terus aktif untuk menjalin kerja sama dengan berbagai pihak untuk membantu menyuskseskan festival ini.

Menurut dia, persiapan penyelenggaraan FPPN yang dulu bernama Festival Teluk Palu ini sudah mencapai 80 persen.

Sementara itu Wakil Wali Kota Palu Sigit Purnomo Said menyebutkan bahwa pihaknya akan berupaya menghadirkan sekitar 50 duta besar negara-negara sahabat Indonesia pada festival ini.

"Pemerintah Kota Palu telah mengirim undangan kepada 50 duta besar untuk menghadiri dan menyaksikan perayaan Festival Pesona Palu Nomoni di sepanjang Teluk Palu," ungkap Pasha, sapaan akrab Sigit Purnomo Said.

Saat ini sudah tiga duta besar yang telah mengkonfirmasikan kehadiran mereka yakni Dubes Hungaria, Tiongkok, dan Swedia.

"Kami masih menunggu konfirmasi dari dubes-dubes yang lainnya," ujarnyanya.