DKP Tolitoli Kembangkan Penangkaran Penyu

id penyu

DKP Tolitoli Kembangkan Penangkaran Penyu

Anak penyu (FOTO ANTAR/egoy el fitra)

Kami bersyukur ada anggaran pemberdayaan. Paling tidak hal tersebut dapat memicu keinginan masyarakat dalam melestarikan penyu
Tolitoli,  (antarasulteng.com) - Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Tolitoli, Sulawesi Tengah, tahun 2016 ini mengalokasikan dana Rp32 juta untuk pemberdayaan masyarakat lewat penangkaran penyu di Desa Sese, Kecamatan Dampal Utara.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Tolitoli Hardiyan mengatakan di Tolitoli, Sabtu, anggaran tersebut berasal dari APBN Balai Pengelolaan Sumberdaya Pesisir dan Laut, sementara penggunaannya diserahkan penuh kepada masyarakat yang tergabung dalam kelompok nelayan dan telah mendapat kewenangan.

"Kami bersyukur ada anggaran pemberdayaan. Paling tidak hal tersebut dapat memicu keinginan masyarakat dalam melestarikan penyu," tuturnya.

Dirinya berharap penggunaan anggaran tersebut tepat sasaran sehingga hasilnya maksimal sesuai dengan target pencapaian program.

Pihaknya juga masih melakukan berbagai upaya agar ke depan penangkaran penyu hadir di seluruh kecamatan di Tolitoli, khususnya kecamatan yang memiliki wilayah pesisir yang luas.

Saat ini penangkaran penyu yang sudah mulai berkembang di Tolitoli di antaranya di Desa Sese, Kecamatan Dampal Utara, Desa Galumpang, Kecamatan Dakopemean, Pulau Lingayan, dan Desa Ogotua Kecamatan Dampal Utara. Setiap tahunnya penangkaran tersebut menetaskan lebih dari 10.000 ekor anakan penyu.

Dalam waktu dekat ini sebanyak 100 ekor anak penyu akan dikembalikan ke alam bebas.

"Saat ini sudah 100 ekor anak penyu yang siap dilepas ke laut. Rencananya pekan depan, DKP dan TNI AL Tolitoli akan melakukan pelepasan dipimpin Bupati Tolitoli," kata Hardiyan.