39 desa ikut pilkades serentak di Poso

id Poso

39 desa ikut pilkades serentak di Poso

Kantor Bupati Poso (Antarasulteng.com/Feri)

Tahapan pilkades itu mirip pemilihan bupati.

Poso (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Poso sedang menyiapkan penyelenggaraan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan digelar sebelum akhir 2016.


"Masih dalam tahap pembentukan panitia di tingkat kabupaten," kata Asisten Bidang Pemeritahan Setkab Poso Yus Madoli di Poso, Selasa.


Menurut Yus, pilkades yang akan digelar tahun ini belum ditentukan waktu pelaksanaannya. 


"Kalau soal kapan waktu pelaksanaan pilkades, belum ada kepastian sebab masih tahap pembentukan panitia di,” ujar Yus


Tahapan pertama pelaksanaan pilkades akan diikuti sebanyak 39  dari 142 desa. Sementara kades yang belum selesai masa jabatannya, tetap dilanjutkan hingga masa jabatannya selesai yang kemudian akan mengikuti pilkades serentak.


"Untuk tahapan pertama pilkades serentak ada 39 desa di Kabupaten Poso, nanti selesai tahapan pertama akan dilajutkan tahapan kedua hingga selesai," ujarnya lagi.


Dia menjelaskan proses pelaksanaan pilkades serentak mirip dengan proses pemilihan bupati, dimana ada proses 3 tahapan yakni sortir suara, penghitungan suara dan proses pelantikan.  


Selain itu pilkades serentak ada tahapan kampanye dan masa tenang. Juga ada pembentukan panitia pilkades serentak di desa yang melakukan pilkades.


"Intinya tahapan pilkades sama dengan pemilihan bupati, ada masa kampanye, minggu tenang, dan tahapan lainya yang mirip dengan pemilihan bupati," tuturnya.