Rudi Sujarwo Terpengaruh PKI

id PKI, Rudi Sujarwo, sutradara, film

Rudi Sujarwo Terpengaruh PKI

Sutradara Rudi Soedjarwo dinilai ikut menandai kebangkitan industri perfilman nasional dengan film remaja berjudul "Ada Apa dengan Cinta?" (ANTARA/Monalisa)

Saya terinspirasi dengan film G30S PKI," katanya.
Jakarta - Sutradara Rudi Soedjarwo mengaku tertarik terjun ke dunia film karena terinspirasi film G 30 S PKI.

"Saya terinspirasi dengan film G30S PKI. Itu yang buat saya bergelut di dunia film," kata Rudi usai acara CLEAR Hair Model 2012 di Jakarta, Selasa.

Menurut Rudi, film berjudul "Pengkhianatan G 30 S/PKI" garapan sutradara Arifin C. Noer tahun 1984 itu bisa membuat siapapun yang menonton percaya bahwa apa yang ditampilkan di film benar-benar terjadi dan nyata.

Film yang antara lain dibintangi oleh Bram Adrianto, Syub'ah Asa, Amoroso Katamsi, Ade Irawan dan Umar Kayam itu menceritakan peristiwa pada malam 30 September dan pagi 1 Oktober 1965 di Jakarta versi pemerintah Orde Baru.

Pada malam hingga pagi hari itu terjadi pergolakan politik yang melibatkan Partai Komunis Indonesia (PKI) yang berujung pada pergantian kepemimpinan republik Indonesia dari Soekarno ke Soeharto.

"Setiap menonton film itu kita selalu percaya itu terjadi. Saya bahkan punya VCD-nya," ujar lulusan pendidikan bidang manajemen di San Diego State University dan Academy of Arts College San Francisco itu.

Rudi memulai debutnya sebagai sutradara dengan film "Bintang Jatuh" tahun 2000, membawa serta artis Marcella Zalianty dan Dian Sastrowardoyo ke dunia film.

Namanya semakin meroket setalah menyutradari film laris "Ada Apa Dengan Cinta" yang membuatnya dikenal sebagai sutradara yang berhasil membangun film genre remaja dan membawanya meraih penghargaan sebagai sutradara terbaik dalam Festival Film Indonesia (FFI) tahun 2004.

Selanjutnya Rudi yang telah menyutradarai lebih dari 20 film ingin membuat film-film perang. "Seperti film 'Saving Private Ryan' gitu. Tetapi belum ada sponsornya," kata dia. (M047)