Wagub Sulteng Dijadwalkan Buka Festival Togean

id sudarto

Wagub Sulteng Dijadwalkan Buka Festival Togean

Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Sudarto (Istimewa)

Palu,  (antarasulteng.com) - Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Soedarto dijadwalkan membuka Festival Togean yang dihelat di Kota Ampana, Kabupaten Tojo Unauna, Sabtu (27/8) dan dihadiri wisatawan dari berbagai negara di dunia.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sulteng Hj. Siti Norma Mardjanu mengemukakan di Palu, Rabu, pembukaan Festival Togean akan dirangkaikan dengan kegiatan `Fun Bike`.

"Iya, Wagub Soedarto yang akan membuka Festival Togean, sekaligus fun bike yang diikuti oleh wisatawan empat negara di Tojo Unauna," katanya.

Menurut Norma Mardjanu, Pemprov Sulawesi Tengah dan Pemkab Tojo Unauna telah menyiapkan berbagai kegiatan prafestival dan pada festival itu sendiri yang diikuti dan dihadiri oleh masyarakat dari berbagai penjuru di Sulteng, serta wisatawan macanegara.

Kegiatan prafestival yaitu lomba foto keindahan bawah laut Togean, jelajah wisata, yang diikuti oleh 31 fotografer dari berbagai daerah di Indonesia, lomba perahu, lomba tarik tambang di atas perahu, atraksi budaya, bela diri tradisional serta kuliner.

Workshop yang melibatkan pelaku usaha ekonomi kreatif, aksi sapta pesona, lomba perahu layar, renang, mancing, nyanyi solo, busana daerah, juga menjadi kegiatan pra dan pada pelaksanaan festival tersebut.

"Ada banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah setempat dan Pemprov Sulawesi Tengah, yang semuanya melibatkan masyarakat," ujarnya.

Saat ini wisatawan mancanegara dari Italia, Jerman, Korea dan Prancis mulai berdatangan di lokasi wisata Togean untuk menghadiri festival yang dihelat 27-31 Agustus tersebut.

Pemerintah telah menyiapkan berbagai fasilitas transportasi untuk menjemput wisatawan mancanegara tersebut, serta menyiapkan hunian sementara bagi wisatawan.