Bulog Sulteng Buka Rumah Pangan Kita

id pangan

Bulog Sulteng Buka Rumah Pangan Kita

Bulog Sulteng Buka Rumah Pangan Kita. Menjual berbagai kebutuhan seperti beras, bawang dan gula pasir sesuai harga ditetapkan pemerintah. Foto Anas Masa

Program rumah pangan kita juga sebagai salah satu langkah pemerintah untuk menjaga kestabilan harga berbagai kebutuhan di pasaran setempat.
Palu, (antarasulteng.com) - Bulog Sulawesi Tengah mulai pertengahan 2016 ini membuka "Rumah Pangan Kita" di seluruh kabupaten dan kota di daerah itu.

"Ini program nasional yang harus sukses dilakukan di setiap daerah di Tanah Air," kata Kepala Bulog Sulteng, Maruf di Palu, Kamis.

Ia mengatakan Bulog secara nasional pada 2016 ini menargetkan pembukaan outlet rumah pangan kita di seluruh Indonesia sebanyak 2.000.

Dia enggan menyebutkan target pembukaan rumah pangan kita di Sulteng, kecuali mengatakan seluruh kabupaten/kota menjadi sasaran.

Program ini dilakukan tidak hanya di ibukota Provinsi Sulten, tetapi sampai seluruh kabupaten/kota di daerah ini.

Program ini sudah dilakukan di Kota Palu dan tercatat hampir 20 outlet rumah pangan kita yang telah dibuka oleh Bulog.

Dengan adanya rumah pangan tersebut, masyarakat semakin bebas untuk membeli berbagai kebutuhan rumah tangga, khususnya komoditi-komoditi pangan.

Tentu,kata dia, harga berbagai jenis pangan yang dijual di rumah pangan kita akan jauh lebih murah dari harga di pasaran.

Harga yang berlaku, bukan harga pasar, tetapi harga yang ditetapkan pemerintah guna membantu meringankan beban hidup masyarakat.

Selain itu, program rumah pangan kita juga sebagai salah satu langkah pemerintah untuk menjaga kestabilan harga berbagai kebutuhan di pasaran setempat.

Pantuan di salah satu outlet rumah pangan yang ada di Palu, warga datang berbelanja cukup banyak.

Hanya saja, jumlah komoditi pangan yang dijual di rumah pangan kita yang dibuka Bulog Sulteng di Palu hingga kini masih terbatas.

"Baru komoditi beras, bawang putih dan gula pasir yang kami jual di rumah pangan kita,"kata Ronie, salah seorang karyawan Bulog Sulteng.

Khusus bawang putih dan gula pasir yang dijual itu didatangkan Bulog Sulteng dari Jatim.

Harga gula pasir dijual di rumah pangan kita rata-rata Rp13.000/kg dan bawang putih Rp35.000/kg. Sementara harga gula di tingkat pengecer saat ini mencpai Rp16.000/kg dan bawang putih Rp45.000/kg. (BK03)