Diduga untuk suap, polisi sita sepeda motor Ketua PAC Demokrat Poso

id Poso

Diduga untuk suap, polisi sita sepeda motor Ketua PAC Demokrat Poso

Empat sepeda motor milik Ketua PAC Demokrat Poso diamankan di Mapolres Poso sejak Selasa (238) (Antarasulteng.com/Feri)

Anggung Lie Putra: motor itu hanya pinjam pakai, bukan menjadi hak milik.
Poso (antarasulteng.com) - Polres Poso menyita empat buah kendaraan roda dua jenis Revo Fit milik Ketua Pengurus Anak Cabang (PAC) Partai Demokrat Kabupaten Poso yang diduga sebagai suap agar mendukung calon tertentu dalam Musyawarah Cabang (Muscab) DPC Partai Demokrat Kabupaten Poso yang akan datang.

Keempat sepeda motor itu disita sebagai barang bukti untuk menindaklanjuti proses hukum terhadap laporan warga ke Polres Poso belum lama ini terkait dugaan suap untuk menggoalkan calon tertentu dalam Muscab DPC Partai Demokrat Poso.

Kasat Reskrim Polres Poso AKP Holmes Saragih SIK yang dihubungi di Poso, Selasa (23/8), membenarkan bahwa sebanyak empat sepeda motor Revo yang masih tergolong baru itu telah diserahkan oleh masing-masing Ketua PAC Demokrat di Polres Poso.

"Tadi mereka serahkan motor itu. Ini adalah hasil dari pengembangan pemeriksaan atas laporan warga yang menduga kuat ada suap terhadap empat Ketua PAC. Kasus tersebut saat ini masih dalam pemeriksaan pihak kami," katanya.

Namun demikian, Holmes menolak menyebut keempat Ketua PAC Partai Demokrat Poso yang menyerahkan sepeda motor yang mereka terima itu. Holmes juga tidak menjelaskan siapa yang memberikan sepeda motor itu kepada mereka.

Ketika ditanya apakah penyuapan itu dilakukan oleh oknum dari DPC Partai Demokrat Poso ke Ketua PAC Poso, Holmes mengatakan belum mengetahui hal itu sebab semua masih dalam tahap penyelidikan.

Holmes juga tetap merahasiakan siapa yang memberikan laporan ke polisi terkait dugaan suap jelas Muscab PD Poso.

"Ini belum diketahui siapa yang menyuap, karena masih dalam penyelidikan, kami hanya melanjutkan laporan warga itu, yang jelas yang melaporkan hal itu adalah warga dan siapa saja yang melapor, itu hak masyarakat dan polisi akan menindaklanjuti setiap laporan warga," katanya.

Dugaan kasus suap kepada Ketua PAC Demokrat di Poso dengan sepeda motor jenis revo fit itu merebak setelah beredarnya selebaran hasil percakapan kepada sejumlah wartawan di Poso belum lama ini.

Selebaran itu menyebutkan adanya pemberian sepeda motor kepada sejumlah Ketua PAC Demokrat Poso agar mendukung Deky Sigilipu, adik Bupati Poso Darmin A Sigilipu menjadi Ketua DPC Demokrat Poso.

Sekertaris DPC PD Poso Anggun Lie Putra yang dihubungi belum lama ini mengakui adanya pemberian sepeda motor itu dan sepeda motor itu hanya merupakan pinjam pakai untuk kelancaran pelaksanaan tugas-tugas PAC.

"Motor itu hanya pinjam pakai saja, bukan menjadi hak milik," ujar Anggun belum lama ini di kantornya.

Terkait kapan Muscab Partai Demokrat Poso digelar, hingga saat ini belum ada informasi yang pasti.