Ribuan Wisman Berpartisipasi Ramaikan Festival Togean

id togean

Ribuan Wisman Berpartisipasi Ramaikan Festival Togean

Dokumen foto salah seorang ibu di perkampungan Suku Bajo, Pulau Papan, Kepulauan Togean, Kabupaten Tojo Una-Una, Sulawesi Selatan, melakukan kegiatan keseharian. Warga suku Bajo mendiami beberapa daratan di Kepulauan Togean yang terletak di Teluk Tomini. (ANTARA FOTO/Sahrul Manda Tikupadang)

Semua penginapan dan cottage yang tersedia full, wisatawan tinggal di rumah - rumah masyarakat dan staf pemerintah daerah dengan sistem sewa
Palu,  (antarasulteng.com) - Ribuan Wisatawan Mancanegara dari Italia, Prancis, Jerman, Australia dan Korea menghadiri pelaksanaan Festival Togean di Kabupaten Tojo Unauna, Sulawesi Tengah, yang digelar mulai tanggal 27-31 Agustus 2016.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sulawesi Tengah, Siti Norma Mardjanu, Sabtu, menyatakan saat ini wisatawan dari berbagai negara telah berada di Togean untuk berwisata serta mengikuti berbagai kegiatan dala rangka pelaksanaan festival tersebut.

"Iya, lebih dari seribu wisatawan mancanegara dari berbagai negara di dunia, turut serta ramaikan pelaksanaan Festival Togean di Tojo UnaUna," ungkap Norma Mardjanu.

Kata Norma Mardjanu, saat ini seluruh cottage yang tersedia di Togean telah full dihuni oleh wisatawan mancanegara, bahkan sebahagian dari wisman menghuni rumah-rumah staf pemerintah didaerah tersebut.

"Semua penginapan dan cottage yang tersedia full, wisatawan tinggal di rumah - rumah masyarakat dan staf pemerintah daerah dengan sistem sewa," ujarnya.

Wisatawan tersebut, urai dia, tidak sekedar meramaikan Festival Togean melainkan juga mengikuti agenda road race yang digelar oleh Bupati Tojo Unauna, Mohammad Lahay.

Dia mengutarakan wisman juga mengikuti kegiatan pra festival yaitu foto keindahan dibawah laut togean, jelajah wisata, yang diikuti oleh 31 peserta dari berbagai fotografer di Indonesia, lomba perahu, lomba tarik tambang diatas perahu, atraksi budaya, belah diri tradisional serta kuliner.

Workshop yang melibatkan pelaku usaha ekonomi kreatif, aksi sapta pesona, lomba perahu layar, renang, mancing, nyanyi solo, busana daerah, juga menjadi kegiatan pra dan pada pelaksanaan festival tersebut.

"Iya ada banyak kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerinta setempat dan pemerintah Sulawesi Tengah, yang semuanya melibatkan masyarakat," ujarnya.

Sabtu 27/8 soreh ini, Wakil Gubernur Sulawesi Tengah, Soedarto, dijadwalkan membuka pelaksanaan Festival Togean yang merupakan salah satu destinasi wisata provinsi tersebut.