Sabtu, 21 Oktober 2017

Nelayan Kota Palu Dapat Bantuan Kapal Ikan

id kapal, nelayan
Nelayan Kota Palu Dapat Bantuan Kapal Ikan
Hingga Kamis (30/1), Puluhan kapal ikan masih parkir di PPI Donggala karena cuaca buruk di Selat Makassar. (Antarasulteng/Agus.S)
Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah, akan memberikan bantuan berupa satu unit kapal penangkap ikan kepada salah satu kelompok nelayan di Kelurahan Talise untuk menunjang kegiatan mereka menangkap ikan.

Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Kelautan Kota Palu, Muchlis Abd Umar di Kota Palu, Senin, menyatakan bantuan tersebut direncanakan akan diserahkan Pemkot Palu pada akhir tahun ini.

Kapal bantuan tersebut, kata Muchlis, akan dilengkapi alat tangkap ikan untuk memudahkan para nelayan yang tergabung dalam kelompok usaha bersama (KUB) dalam menjalankan kegiatannya.

KUB yang akan mendapat bantuan kapal itu juga diharapkan menjadi cikal bakal lahirnya koperasi nelayan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan nelayan di daerah tersebut.

"Bantuan kepada KUB itu akan mengarah pada pembentukan koperasi nelayan. Bantuan ini diharapkan meningkatkan semangat nelayan serta pemberdayaan kepada mereka," ujarnya.

Ia tidak merinci tonase kapal itu, namun menyebutkan bahwa kapal yang akan diserahkan itu masih dalam proses pembangunan yang ditangani langsung di Kementerian Kelautan dan Perikanan Jakarta.

"Kami telah membangun komunikasi dengan KKP pusat terkait hal itu, dimana kapal tersebut masih dalam proses tender. Jika telah selesai dibangun, maka akan segera diserahkan ke Pemkot Palu dan diteruskan kepada nelayan," katanya. 

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga