Rumah Pangan Permudah Masyarakat Akses Pangan Murah

id pangan

Rumah Pangan Permudah Masyarakat Akses Pangan Murah

Rumah Pangan (antara)

Palu,  (antarasulteng.com) - Rumah Pangan Kita (RPK) dibentuk pemerintah untuk mempermudah masyarakat mendapatkan akses pangan yang murah, kata Kepala Perum Bulog Sulawesi Tengah, Maruf.

"Selain itu, juga untuk menjamin ketersediaan dan keterjangkuan harga," katanya di Palu, Selasa.

Ia mengatakan untuk tahap pertama di pertengahan 2016 ini, Bulog Sulteng mengenjot membuka RPK di Kota Palu, ibu kota provinsi ini.

Maruf menjelaskan selama ini Bulog melaksanakan yang namanya operasi pasar untuk beberapa jenis pangan bila terjadi gejolak harga. Titik operasi pasar biasanya dilakukan di pasar-pasar tardisional.

Tentu, katanya, sasarannya adalah masyarakat yang berbelanja di pasar bisa membeli berbagai jenis bahan pangan di lokasi operasi pasar yang dilakukan Bulog sendiri maupun bersama pemerintah dan distributor lain.

Namun, kata dia, biasanya kegiatan tersebut justru dimanfaatkan oleh para pedagang nakal yang mau mencari keuntungan besar. Mereka membeli barang di lokasi operasi pasar dengan harga murah, kemudian menjual kembali kepada masyarakat dengan harga sesuai harga pasar.

"Kami tidak bisa membedakan mana masyarakat dan pedagang," katanya.

Makanya, dengan adanya RPK tersebut, masyarakat memiliki akses membeli pangan murah dan juga tidak lagi membuka peluang bagi pedagang.

Ia mengatakan hingga kini sudah ada yang dibuka, termasuk satu gerai RPK di halaman kantor Bulog Sulteng yang terletak di jalan Muhammad Yamim Palu Selatan.

Pihaknya, kata dia, merencanakan sampai Desember 2016 bisa membuka sebanyak 25 gerai RPK di Kota Palu.

"Ini sebagai percontohan sebelum pada tahun-tahun ke depan dibuka juga di setiap kabupaten dan kota di seluruh wilayah Sulteng," katanya.

Bulog Sulteng di Palu dalam beberapa hari ini menjual beras, gula pasir dan bawang putih di RPK.

Harga gula pasir Rp13.000/kg, beras premium Rp8.600/kg dan bawang putih Rp32.000/kg.

Saban hari masyarakat sangat antusias berbelanja di RPK Bulog karena harganya murah dan kualitas pangan yang didagangkan itu cukup bagus.:36:43