LSM Soroti Bantuan Mobil Untuk Kejari Parimo

id lsm

Padahal, Kejari Parigi sendiri sudah dipinjamkan kendaraan Innova Luxury oleh pemkab
Palu,  (antarasulteng.com) - Lembaga swadaya masyarakat Himpunan Pemuda Peduli Parigi Moutong (HP3M) menyoroti bantuan pinjam pakai satu unit kendaraan dinas Pajero Sport dari Pemerintah Kabupaten Parigi Moutong (Parimo) kepada Kejaksaan Negeri Parigi.

Sekretaris HP3M Parimo, Risnal, yang dihubungi dari Palu, Rabu, mengaku prihatin atas pemberian pinjaman mobil yang relatif cukup mahal itu.

"Padahal, Kejari Parigi sendiri sudah dipinjamkan kendaraan Innova Luxury oleh pemkab," katanya.

Pemberian pinjaman mobil baru itu, kata dia, berlangsung saat pihak Kejari sedang menangani beberapa kasus besar di daerah tersebut, seperti dugaan markup baliho Sail Tomini, dugaan korupsi pengadaan tanah di Bagian Pemerintahan Umum (PUM), dugaan korupsi perencanaan Bandara Moutong.

"Saat ini, kasus-kasus tersebut sedang dalam tahap pengumpulan data," katanya.

Menurut Risnal, semestinya sebagai lembaga penegak hukum, Kajari harus menjaga independensinya.

"Mudah-mudahan dengan pemberian pinjam dua kendaraan tersebut tidak memengaruhi penegakan hukum di daerah ini," katanya.

Dari pantauan pihaknya, sejumlah kasus yang ditangani Kejari itu masih terus berkutat pada pengumpulan data.

"Terus terang kami bosan membaca komentar Kejari di sejumlah media yang tidak menunjukkan progres. Oleh karena itu, tidak bisa disalahkan jika publik berpendapat bahwa Kejari terbebani dengan pemberian kendaraan," katanya.

Selain itu, kata dia, pemberian pinjaman dua kendaraan sekaligus kepada lembaga vertikal juga merupakan bentuk pemborosan anggaran daerah.

"Aturan tidak melarang pemberian pinjam pakai kepada lembaga vertikal, tetapi tidak wajib," ujar Risnal.

Beberapa waktu lalu, Kepala Seksi (Kasi) Pidana Khusus (Pidsus) Kejari Parigi Reza Hidayat membenarkan adanya dua kendaraan yang dipinjam dari Pemkab Parimo.

Menurut dia, dua kendaraan tersebut dipakai Kepala Kejari (Kajari) dan istri.

"Mobil lama itu digunakan istri Kejari jika ada kegiatan. Mobil baru untuk operasional Pak Kajari," katanya.