Menteri Perdagangan Minta Pemkab Donggala Bangun Pasar

id Enggartiasto, Lukita, mendag

Menteri Perdagangan Minta Pemkab Donggala Bangun Pasar

Menteri Perdagangan RI Enggartiasto Lukita (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Bupati Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa mengaku bahwa Menteri Perdagangan RI, Enggartiasto Lukita, meminta secara langsung kepada Pemkab Donggala melalui dirinya untuk membangun pasar tradisional, untuk meningkatkan perekonomian di daerah tersebut.

"Iya, saya bertemu dan bercerita dengan Bapak Menteri Perdagangan dan Perindustrian di Istana Negara, Ia meminta kepada Pemkab Donggala untuk bangun pasar," ungkap Bupati Kasman Lassa di Palu, Jumat.

Menurut Bupati permintaan Menteri Perdagangan itu akan segera ditindak lanjuti oleh Pemkab Donggala, dikarenakan Donggala saat ini membutuhkan infastruktur dan sarana untuk percepatan ekonomi masyarakat.

Bupati mengaku akan segera mengundang untuk bersama dengan beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah kabupaten tersebut untuk membahas perintaan Menteri Perdagangan itu.

Dalam rapat nantinya sekaligus menentukan lokasi dan luasan lahan yang akan disediakan oleh Pemkab Donggala untuk membangun pasar dengan Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN).

"Jadi lokasinya bupati dapat dipastikan di mana, sebab saya akan meminta SKPD terkait untuk mengkaji dan melihat kebutuhan masyarakat yang sangat mendesak," sebutnya.

Lanjut Bupati pihaknya akan menyerahkan konsep pembangun pasar beserta lokasi dan luasannya kepada Menteri Perdagangan dalam waktu dekat ini.

Ia mengakui bahwa ketersediaan pasar akan memberikan dampak yang sangat positif terhadap percepatan ekonomi masyarakat yang harus didukung dengan ketersediaan infrastruktur.

Apalagi ke depan, sebut dia, Pemkab Donggala akan menjadika kabupaten tersebut sebagai kota wisata, yang butuh ketersediaan infastruktur penunjang lainnya seperti ketersediaan pasar.

"Tentu pasar tidak hanya akan menjadi tempat jual beli, tetapi menjadi akses masyarakat Donggala untuk peningkatan ekonomi dengan memaksimalkan jasa," ujarnya.