Poso siap gelar pilkades serentak

id poso

Poso siap gelar pilkades serentak

Kabag Pemdes Pemkab Poso Yunirson Penyami. (Antarasulteng.com/Feri)

Pelantikan Kades teprilih dijadwalkan 22 Desember 2016
Poso (antarasulteng.com) - Pemilihan Kepala Desa (pilkades) secara serentak di Kabupaten Poso yang dijadwalkan pada 30 September sudah siap untuk dilaksanakan. 

Ada 39 desa dari 142 desa daerah itu yang akan mengkuiti pilkades, terbagi atas 31 desa yang akan pemilihannya secara serentak dan 8 desa yang merupakan pergantian antar waktu (PAW) namun hari pelaksanaan mengkuti 31 desa yang lain.

Dari data Bagian pemerintahan Desa Pemda Poso, ada 11 Kecamatan terdiri atas 31 desa yang mengikuti pilkades tersebut yakni di Kecamatan Lage, terdiri atas Desa Sepe, Tampemadoro, Tagolu, Bategencu, dan Desa Maliwuko. Kecamatan Poso Pesisir, yakni Desa Tokorondo, Masamba, dan Desa Saatu. 

Kecamatan Poso Pesisir Selatan terdiri Desa Pantagolemba, Sangginora, dan Desa Padalembara. Kecamatan Poso Pesisir Utara terdiri Desa Tambarana, dan Desa Tumora. Kecamatan Pamona Pusalemba terdiri Desa Dulumai, dan Desa Mayakeli. Kecamatan Pamona Utara terdiri Desa Uelincu dan Sulewana. Kecamatan Pamona Timur terdiri Desa Poleganyara, Tiu dan Desa Pancasila. 

Kecamatan Pamona Barat terdiri Desa Salukaia dan Uranosari. Kecamatan Pamona Selatan terdiri Desa Mayoa dan Bangunjaya. Kecamatan Pamona Tenggara terdiri Desa Tindoli, Tolambu, Salindu, Barati dan Desa Korobono dan terakhir kecamatan Lore Selatan terdiri Desa Bulili dan Desa Padangkaia.

Sementara 8 desa PAW yakni Desa Magapu, Sangira, Dewua, Watutau, Kalimago dan Banyusari. 

Dari jumlah dana yang akan digunakan untuk 31 desa senilai Rp750 juta dana APBD II Poso, sementara 8 desa menggunakan dana desa yang nilainya tergantung dari desa setempat. Dari pelaksanaanya, sebanyak 31 desa dimulai pada 30 September dan berakhir pada proses pelantikan 22 Desember 2016. 

Untuk 8 desa PAW jadwalnya tergantung dari adanya dana desa tersebut, namun menurut Kepala Bagian Pemerintahan Desa Pemda Poso, Yunirson Penyami, diusahakan agar pemilihan 8 desa PAW itu dapat berlangsung bersama 31 desa, sehingga pelantikannya pada tanggal yang sama 22 Desember.

"Kalau 8 desa PAW itu, jadwalnya seharusnya sudah bersama dengan 31 desa, namun mereka ini tergantung dari dana desa tahap II yang turun nanti, kita usahakan mereka agar pelantikan itu pada 22 Desember," kata Yunirson.

Intinya, kata Yunirson, pihaknya sudah siap melaksanakan Pilkades pada 30 September nanti.