DPRD Kota Palu akan evaluasi FPPN

id FPPN

DPRD Kota Palu akan evaluasi FPPN

Menteri Pariwisata Arief Yahya, Sabtu (24/9) malam, menandatangani prasasti Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN)

Iqbal Andi Maga: kami tunggu laporan pertanggungjawaban pemkot dulu terkait pelasanaan FPPN.
Palu (antarasulteng.com) – DPRD Kota Palu akan mengevaluasi pelaksanaan Festival Pesona Palu Nomoni (FPPN), namun akan menunggu dulu laporan komprehensif dari Pemerintah Kota Palu terkait pelaksanaan festival tersebut sebagai pertanggungjawaban atas dana yang diturunkan DPRD membiayai kegiatan ini.

Ketua DPRD Kota Palu Mohammad Iqbal Andi Magga mengatakan bahwa laporan tersebut akan dijadikan acuan untuk menilik apakah dana yang diturunkan telah digunakan sesuai target  FPPN yaitu untuk mensejahterakan masyarakat Palu.

Terkait dengan tanggapan negatif dari masyarakat soal pelaksanaan FPPN, Iqbal menganggap bahwa hal tersebut harusnya menjadi koreksi bagi panitia pelaksana FPPN untuk mengevaluasi lagi kegiatan tersebut agar ke depannya lebih baik lagi.

Kalau pendapat masyarakat kebanyakan mengatakan acara tersebut buruk berarti seharusnya dijadikan koreksi bagi eksekutif agar tidak membuat acara tanpa persiapan yang matang. Apalagi target FPPN sendiri adalah untuk mensejahterakan masyarakat, kalau masyarakat tidak mendapat dampak positif dari acara tersebut berarti target tidak tercapai, ujarnya.

Politisi Partai Golkar yang mantan jurnalis ini menambahkan bahwa hal itu juga dapat diartikan sebagai pintu masuk untuk menyelidi apakah dana yang diturunkan sudah digunakan dengan baik karena prinsip keuangan daerah yang berbasis kinerja harus menjadi indikator setiap kegiatan Pemkot Palu.

FPPN yang berlangsung sejak 24 September 2016, ditutup pada Senin (26/7) malam di Pantai Teluk Palu dihadiri ribuan warga.

Meski beberapa hal terkait FPPN ini dikritik masyarakat, namun lebih banyak pihak yang menilai kegiatan ini sangat positif, menghibur masyarakat, sukses mempromosikan Kota Palu dan memberikan dampak ekonomi yang cukup baik, terutama kepada masyarakat kecil.

FPPN yang semula bernama Festival Teluk Palu ini digelar setiap tahun untuk memeriahkan HUT Kota Palu yang tahun 2016 ini merupakan HUT ke-38, yang upacara peringatannya digelar di Balai Kota Palu, Selasa, dipimpin Gubernur Sulawesi Tengah Drs H Longki Djanggola, MSi.