Bupati : Donggala Diharap Penyuplai Sapi Dan Jagung

id kasman, lassa

Bupati : Donggala Diharap Penyuplai Sapi Dan Jagung

Bupati Donggala Kasman Lassa (antara foto/Basri Marzuki)

Donggala di harapkan oleh pemerintah pusat untuk menjadi daerah yang mampu dapat menyediakan hewan ternak sapi serta komidi jagung yang memadai untuk mendongkrak ketersediaan pangan nasional dan daerah...
Donggala, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Bupati Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa, Selasa, menyatakan bahwa pemerintah pusat berharap kabupaten yang dipimpinnya dapat diandalkan untuk mendongkrak ketersediaan sandang dan pangan nasional.

Bupati menyebut ketersediaan sandang dan pangan itu meliputi suplai jagung dan hewan ternak sapi, juga sebagai penguatan ketersediaan sandang dan pangan daerah Sulawesi Tengah.

"Iya, Donggala di harapkan oleh pemerintah pusat untuk menjadi daerah yang mampu dapat menyediakan hewan ternak sapi serta komidi jagung yang memadai untuk mendongkrak ketersediaan pangan nasional dan daerah," kata Kasman Lassa.

Bupati mengaku bahwa Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaiman, saat bertemu dengan dirinya di Istana Negara belum lama ini, meminta Pemkab Donggala untuk menyediakan 10.000 hektare lahan pertanian jagung.

Pemerintah pusat lewat kementerian tersebut akan menangung benih bibit serta melatih para petani yang siap bekerja untuk menggarap lahan pertanian jagung di daerah tersebut, jika telah disediakan.

Selain itu, sebut Bupati, pemerintah pusat juga telah menetapkan Sapi Donggala sebagai salah satu identitas sapi dengan kualitas terbaik yang dimiliki negara ini, yang dapat diandalkan untuk ketersediaan sandang dan pangan.

"Iya dua menteri di dua kementerian tersebut telah kami temui dan bertemu langsung untuk membahas pencanangan tersebut, hal ini akan kami tindak lanjuti secepatnya untuk direalisasikan," katanya.

Dia mengutarakan saat ini Pemkab Donggalan lewat satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait sedang melakukan identifikasi lahan-lahan pertanian yang potensial untuk digarap sebagai lahan pertanian jagung.

Lanjut Bupati jika pemkab Donggala telah menyiapkan lahan seluas 10.000 hektare, selanjutnya akan segera melapor dan memberitahukan kepada kementerian Pertanian untuk dicanangkan.