Harga Kopra Di Palu Masih Tinggi

id kopra
Harga Kopra Di Palu Masih Tinggi
Kopra (antara)
Palu,  (antarasulteng.com) - Harga komoditi ekspor Sulwesi Tengah berupa kopra di pasaran Kota Palu hingga kini masih bertahan tinggi.

Pantauan di sejumlah pedagang pengumpul hasil bumi di Palu,Jumat, harga kopra pembelian pedagang dari petani berkisar Rp11.000/kg.

Harga itu, kata Abraham mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya yang hanya berkisar Rp7.000/kg.

Harga kopra terbilang tinggi, namun sangat kurang petani yang menjual hasil panen.

Paling banyak satu dua kurang kopra hasil panen petani yang dijual kepada pedagang pengumpul.

Hal senada juga disampaikan Rudi, seorang pengumpul kopra. Ia juga mengatakan transaksi jual-beli kopra sekarang ini tidak seramai beberapa tahun yang lalu.

Kalau beberapa tahun lalu, banyak pedagang yang membeli kopra, sekarang ini tinggal beberapa saja yang bertahan menekuni usaha dagang kopra.

Masalhnya, kata dia produksi petani semakin berkurang karena rata-rata pohon kelapa sudah menurun produksi akibat faktor usia.

Di satu sisi, kata dia, petani tidak melakukan peremajaan kelapa.

Selain itu, banyak pohon kelapa ditebang untuk kebutuhan bahan baku bangunan karena mahalnya harga kayu dewasa ini.

Permintaan terhdap bahan baku bangunan dari pohon kelapa merupakan pemiu banyaknya pohon kelapa ditebang masyarakat untuk dijual di pasaran dan harganya cukup lumayan.

Menurut kedua pedagang itu, jika pemerintah tidak segera mendorong petani untuk gencar melakukan peremajaan kelapa, bukan tidak mungkin suatu saat Sulteng justru akan menjadi daerah yang harus mendatangkan buah kelapa dari daerah lainnya.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga