Bupati Minta Petugas Puskesmas Tingkatkan Pelayanan

id kasman, lassa

Bupati Minta Petugas Puskesmas Tingkatkan Pelayanan

Bupati Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa (donggala.co.id)

Donggala,  (antarasulteng.com) - Bupati Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa meminta seluruh petugas puskesmas mulai dari perawat dan terdiri dari bidan hingga para dokter untuk meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

"Masyarakat kita sangat membutuhkan pelayanan kesehatan yang maksimal mulai dari tingkat desa hingga kecamatan. Ini harus menjadi perhatian para bidan dan perawat serta dokter yang betugas di setiap puskesmas," kata Bupati Kasman Lassa di Donggala, Sabtu.

Menurut dia, Pemkab Donggala sejak 2014 sampai saat ini terus menggenjot penyediaan sarana dan prasarana di bidang kesehatan yaitu dengan membangun puskesmas-puskesmas induk dan puskesmas pembantu di 100 desa lebih pada 16 kecamatan.

Pemkab Donggala juga berupaya untuk menyediakan infastruktur dan fasilitas puskesmas di daerah-daerah terpencil dan masyarakat yang bermukim di kepulauan.

Tidak luput perhatian pemerintah untuk meningkatkan sarana dan fasilitas kesehatan serta penyediaan tenaga dokter dan paramedis di rumah sakit umum Donggala.

Hal itu dimaksudkan untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan secara maksimal pada saat dibutuhkan agar terhindari dari berbagai penyakit.

"Pemkab Donggala terus mendorong penyediakan infastruktur dan fasilitas kesehatan bagi masyarakat, termasuk masyarakat terpencil. Namun terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi," sebut bupati.

Tidak hanya puskesmas, sebut bupati, Pemkab Donggala juga membangun satu rumah sakit di Desa Tambu, Kecamatan Balaesang, dengan menyediakan beberapa dokter ahli di rumah sakit tersebut.

"Rumah sakit itu telah diresmikan oleh Menteri Kesehatan RI beberapa waktu lalu didampingi beberapa pejabat Kementerian Kesehatan dan pejabat Pemprov Sulteng," ujarnya. *