200 Anak Meriahkan `One Day For Children`

id anak

200 Anak Meriahkan `One Day For Children`

salah satu tarian karya anak-anak pada acara "one day for hildren" di Palu Golden Hotel. Foto Antara/Anas Masa

Anak kita berhak selain mendapatkan pendidikan yang layak dan juga perlindungan dari berbagai bentuk kekerasan dan intimidasi dari siapapun
Palu,  (antarasulteng.com) - Sedikitnya 200 anak yang selama ini dibina di sejumlah panti asuhan di Kota Palu dan Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah, ikut meriahkan `One Day for Children` (sehari bersama anak-anak) yang diselenggarakan dinas sosial di provinsi ini.

Kegiatan yang bertema "Akhiri Kekerasan Anak" tersebut dibuka Kepala Dinas Sosial Sulteng Abdullah Lopan Saleh di Palu Golden Hotel, Kamis.

Ia mengatakan setiap anak di Indonesia berhak mendapatkan perhatian negara dan pemerintah.

"Anak kita berhak selain mendapatkan pendidikan yang layak dan juga perlindungan dari berbagai bentuk kekerasan dan intimidasi dari siapapun," ujarnya.

Karena itu, Abdullah meminta kepada semua pihak untuk menghormati dan menghargai serta memberikan perlindungan terhadap anak-anak, termasuk di dalamnya anak yang selama ini dibina melalui panti-panti asuhan dari semua organisasi keagamaan.

Dia mengaku hingga kini masih terus terjadi tindakan kekerasan fisik kepada anak-anak. Ke depan segala bentuk kekerasan terhadap anak-anak harus diakhiri.

Abdullah juga meminta kepada aparat hukum untuk benar-benar menegakan keadilan pada kasus kekerasan anak. Mereka yang terlibat dalam kasus kekerasan anak harus ditindak tegas dan dihukum sesuai dengan tingkat kesalahannya.

Abdullah mengatakan kegiatan `one day for children` (sehari bersama anak) yang digelar Dinas Sosial Sulteng bekerja sama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI) itu bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi anak-anak panti asuhan menampilkan hasil karya dan kreativitas serta inovasi mereka.

Hasil karya kreatif mereka sangat perlu ditampilkan dan mendapat perhatian dan apresiasi dari pemerintah. Karena itu, pemerintah melalui Dinas Sosial Provinsi dan berkerja sama Yayasan WVI mengadakan kegiatan tersebut dan cukup mendapat tanggapan positif dari sejumlah pengurus panti asuhan di Palu dan Kabupaten Sigi.

Sejumlah panti asuhan yang ikut ambil bagian dalam kegiatan ini antara lain Panti Asuhan Kristen Imanuel Palu, Panti Asuhan Sejahtera Palu, Panti Asuhan Nurul Huda, Panti Asuhan Al Rahman dan Panti Asuhan Wali Songo.