FDP XIX diklaim sebagai yang terbesar

id Poso

FDP XIX diklaim sebagai yang terbesar

Hendrik Gerry Lianto alias Aceo (Antarasulteng.comn/Rolex Malaha)

FDP jadi corong ke dunia luar bahwa Poso daerah aman dan tenteram
Poso (antarasulteng.com) - Festival Danau Poso XIX yang akan digelar di Tentena, 2-5 November 2016,
diklaim sebagai yang terbesar sejak FDP ini mulai digelar, khususnya pascakonflik horizontal pada 1999.

"Ini adalah kegiatan FDP terbesar pascakonflik horizontal yang digelar Pemkab Poso, tentu dengan harapan setelah ini semua orang bisa tau kalau Kabupaten Poso betul-betul memiliki banyak potensi wisata dan bisa bersaing dengan daerah lain," kata staf khusus Bupati Poso Hendrik Gary Lianto di Poso, Senin.

Festival Danau Poso ini tetap dipusatkan di pinggiran Danau Poso, Kota Tentena, Kecamatan Pamona Puselemba, sekitar 56 kilometer selatan Kota Poso.

Menurut Gary, untuk pertama kalinya pula, FDP kali ini akan digelar selama empat hari yang diramaikan dengan berbagai atraksi seni dan budaya daerah utusan seluruh kecamatan dan beberapa kabupaten di Sulteng seperti Morowali, Morowali Utara dan Tojo Unauna yang dulu menjadi satu kabupaten sebelum pemekaran daerah.

FDP juga akan dimeriahkan empat orang artis ibu kota yang tidak hanya sekedar menghibur warga Kabupaten Poso, tetapi juga mempromosikan keindahan Poso sebagai salah satu daerah tujuan wisata unggulan di Sulawesi Tengah.

Ketiga artis tersebut adalah Iis Dahlia, Mitha Talahatu, Evi Masamba, dan Once serta grup musik Entente Voice, dan diiringi oleh sebuah grup band dari ibu kota Jakarta, kata Staf Khusus Bupati Poso Hendrik Gary Lianto di Poso, Senin.

FDP yang akan dibuka Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola itu juga akan menjadi corong ke dunia luar bahwa Poso adalah daerah yang aman dan tenteram serta indah untuk dikunjungi, baik untuk berwisata maupun untuk berbisnis.

Terkait dugaan bahwa biaya mendatangkan artis menggunakan dana APBD, Aceo membantahnya dan mengatakan bahwa seluruh biaya menghadirkan artis ditanggung dengan dana pribadinya demi kebaikan masyarakat dan daerah Poso.

"Tujuan Pemprov Sulteng dan Pemkab Poso menggelar FDP ini tentunya untuk kemajuan Poso dan Sulteng umumnya, itu sama dengan tujuan saya mendatangkan artis. Kan bukan baru kali ini saya mendatangkan artis di Poso, dari dulu juga sudah sering saya lakukan dengan dana pibadi saya," ujarnya..

Informasi yang dihimpun dari Tentena menyebutkan bahwa kesibukan warga di lokasi FDP Kota Tentena saat ini semakin padat untuk mempersiapkan sarana akomodasi, tempat-tempat atraksi serta sosialisasi untuk menggalang partisipasi masyarakat menyukseskan kegiatan wisata ini.