Menpora akan lepas lomba marathon FDP di Tentena

id Poso

Menpora akan lepas lomba marathon FDP di Tentena

Kabag Humas Pemkab Poso Leonard Nelloh (kanan) (Antarasulteng.com/istimewa)

Lomba marathon ini akan diikuti ribuan peserta, utusan dari semua desa se-Kabupaten Poso.
Poso (antarasulteng.com) - Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrowi dipastikan menghadiri acara Festival Danau Poso (FDP) XIX yang akan dilaksanakan di Kota Tentena, Tepian Danau Poso, Sulawesi Tengah, pada 2-5 November 2016.

Kehadiran Menpora tersebut, menurut Kepala Bagian Humas Pemkab Poso, Leonard Nelloh, Senin, untuk melepas lomba lari marathon dan sejumlah kegiatan olahraga yang digelar untuk memeriahkan FDP tahun ini.

"Menpora dipastikan akan hadir di acara FDP untuk melepas peserta lari marathon yang akan dilaksanakan pada 4 Oktober, dan juga membuka secara simbolis semua kegiatan yang menyangkut olahraga di arena FDP, meski sebagian sudah selesai digelar," ujarnya.

Menurut Leonard, sesuai jadwal yang sudah disetujui Kemenpora, Menpora akan tiba di Bandara Kasiguncu Poso pada Jumat (4/11) pukul 09.00 Wita dan langsung mengunjungi Pesantren Gontor di Desa Tokorondo yang kemudian menuju rumah jabatan bupati untuk disambut dengan adat `pekasiwia`.

Menpora kemudian akan meluncur menuju Kota Tentena, sektiar 56 kilometer selatan Kota Poso untuk bertatap muka dengan dosen Universitas Kristen Tentena dan memberikan kuliah umum.

Menpora kemudian akan menyaksikan kegiatan di FDP dan menikmati keindahan obyek wisata air terjun Saluopa. Menteri kemudian menumpangi speedboat menuju Padamarari, Desa Taipa, Kecamatan Pamona Selatan, untuk melepas peserta lari marathon berjumlah ribuan roang yang akan finish di lokasi FDP.

Peserta lari marathon ini berasal dari semua desa se-Kabupaten Poso, dimana setiap desa diminta mengirim sedikitnya 10 peserta.

Menurut Leo, kegiatan olahraga selama FDP merupakan olahraga tradisional masyarakat Poso seperti lomba lari menggunakan sepatu dari tempurung kelapa, dan lomba lari menggunakan pakende, alat pengangkut barang yang terbuat dari kayu dan dihela oleh sapi).

FDP XIX dijadwalkan dibuka Gubernur Sulteng Longki Djanggola pada Rabu (2/11) pukul 15.00 Wita di arena FDP Kota Tentena, yang didahului dengan parade peserta.

FDP kali ini akan menjadi yang terbesar sepanjang pelaksanaan FDP selama ini yang diharapkan akan memperkenalkan Poso yang indah, aman dan tenteram untuk dikunjungi para pelancong guna menikmati obyek-obyek wisata serta pengusaha untuk menanam modal.