Strategi jitu Guardiola bawa City bungkam Barcelona 3-1

id pep

Strategi jitu Guardiola bawa City bungkam Barcelona 3-1

Pelatih Manchester City, Pep Guardiola (kiri), memberi arahan kepada John Stones (kanan). (reuters)

Manchester, Inggris (ANTARA News) - Wakil Inggris, Manchester City, berhasil membungkam raksasa Spanyol, Barcelona, dengan skor 3-1 dalam laga lanjutan penyisihan Grup C Liga Champions di Stadion Etihad, Rabu pagi.

Ramuan strategi jitu dari sang pelatih, Pep Guardiola, berhasil menjinakkan Barcelona. City yang kalah dalam urusan pengendalian bola 35:65 bermain efektif dengan mencetak tiga gol dari empat tembakan mereka yang tepat sasaran.

Gelandang Ilkay Guendogan memborong dua gol kemenangan City, sementara Kevin De Bruyne turut menyumbangkan satu gol, sedangkan Lionel Messi mencetak gol untuk Barcelona.

Berkat kemenangan tersebut, City kini mengoleksi tujuh poin dan berada di urutan kedua sekaligus menempel ketat Barcelona (9) yang masih berada di puncak klasemen sementara Grup C.

Meski berada di bawah tekanan, Barcelona lebih dulu membuka keunggulan pada menit 21 lewat serangan balik yang berbuah manis. Tendangan Sergio Aguero berhasil dihalau Javier Mascherano dan bola berhasil dibawa Messi yang membangun kerja sama apik dengan Neymar sebelum melepaskan tendangan ke tiang dekat yang tak mampu dihalau penjaga gawang Willy Caballero.

Upaya City menyamakan kedudukan baru membuahkan hasil pada menit 39, setelah umpan tarik matang dari Raheem Sterling ke area tiang jauh berhasil diselesaikan dengan sontekan mudah oleh Guendogan.

City berhasil membalikkan keadaan dan merebut keunggulan lewat De Bruyne pada menit 51, setelah legiun Belgia itu melepaskan tendangan bebas yang meski arahnya mudah dibaca namun tak mampu diantisipasi oleh penjaga gawang Marc-Andre ter Stegen.

Tuan rumah terus menekan, meski hal itu tak menyurutkan semangat Barcelona. Sayangnya bola tembakan Andre Gomes menyelesaikan umpan sodoran Luis Suarez masih ditolak oleh tiang gawang pada menit 65.

Yang terjadi City justru menjauh dari kejaran tim tamu lewat gol kedua Guendogan hasil dari serangan balik, saat pemain berkebangsaan Jerman itu menyambar bola umpan silang di hadapan gawang Barcelona pada menit 74.

Berikut susunan pemain kedua tim seturut laman resmi UEFA:

Manchester City (4-1-4-1): Willy Caballero (PG); Pablo Zabaleta, Nicolas Otamendi, John Stones, Aleksandar Kolarov; Fernandinho (Fernando Reges); Raheem Sterling (Jesus Navas), Kevin De Bruyne (Nolito), Ilkay Guendogan, David Silva; Sergio Aguero
Pelatih: Pep Guardiola

Barcelona (4-3-3): Marc-Andre ter Stegen (PG); Sergi Roberto, Javier Mascherano, Samuel Umtiti, Lucas Digne; Ivan Rakitic (Arda Turan), Sergio Busquets, Andre Gomes (Rafinha); Lionel Messi, Luis Suarez, Neymar
Pelatih: Luis Enrique