Paduan suara Indonesia ke final European Grand Prix in Choral Singing

id paduan, suara

Paduan suara Indonesia ke final European Grand Prix in Choral Singing

Kelompok Batavia Madrigal Singers saat tampil di kontes paduan suara internasional di Tolosa, Spanyol, yang berakhir 1 November 2016. (Batavia Madrigal Singers)

London (antarasulteng.com) - Kelompok paduan suara Batavia Madrigal Singers (BMS) menjadi juara umum kompetisi paduan suara internasional 48th Tolosa Choral Contest di Tolosa, Spanyol, dan berhak maju ke final European Grand Prix for Choral Singing tahun depan.

Di ajang 48th Tolosa Choral Contest yang berlangsung 28 Oktober hingga 1 November, BMS juga menjadi juara pertama kategori Polyphony serta juara pertama kategori Basque Songs & Popular Music /Folklore. 

"Saya terharu karena BMS dan Indonesia bisa mengukir sejarah sebagai paduan suara Indonesia pertama yang meraih juara umum di kompetisi Tolosa,"ujar Avip Priatna, dirigen group BMS.

Berbalut kostum bernuansa tradisi Indonesia, BMS tampil membawakan lagu-lagu seperti "Benggong" dari daerah Manggarai, Nusa Tenggara Timur, serta lagu "Hentakan Jiwa" karya komponis muda Ken Steven, yang dibawakan dengan tarian koreografi Sonja Simanjuntak.

BMS membawakan lagu Canticum NovumEt J'aime UniquementEhre sei Gott in der Ehe, Xoxo Beltz Bat Banuen dan Wade in de Water, serta menutupnya dengan lagu Soir d'ete dan medley lagu pop I Love You - What a Wonderful World.

Selain mengikuti kontes, BMS yang anggotanya berasal dari beragam usia dan profesi, mulai dari ibu rumah tangga, guru, pemrogram dan mahasiswa, juga tampil dalam serangkaian konser di kota sekitar Tolosa seperti Beasain, San Sebastian dan Pamplona. 

Kelompok paduan suara asal Jakarta itu juga tampil dalam konser di Sevilla tanggal 3 November yang diorganisir Centro de Iniciativas Culturales de la Universidad de Sevilla (CICUS).

Kompetisi di Tolosa tahun ini diikuti paduan suara dari negara-negara seperti Norwegia, Taiwan, Lituania, Kolombia, Slovenia, Italia, Jerman, Kuba, Spanyol, Hungaria, Belanda, Latvia, Inggris, dan Swedia.

Tolosa Choral Contest merupakan salah satu kompetisi paduan suara tersulit yang tergabung dalam European Grand Prix in Choral Singing (EGP). Final EGP tahun depan akan mempertemukan juara umum-juara umum tahun berjalan dari enam kompetisi yang terafiliasi di dalamnya. 

Selain kompetisi Tolosa, kompetisi internasional lain yang tergabung didalam EGP adalah International Guido d'Arezzo Polyphonic Contest di Italia,  B la Bart k International Choir Competition di Hungaria, International Choral Competition Gallus di Slovenia, Floril Vocal de Tours di Prancis, International May Choir Competition Prof G. Dimitrov di Bulgaria.