Bupati Himbau Masyarakat Jaga Aset Pertamina

id kasman

Bupati Himbau Masyarakat Jaga Aset Pertamina

Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa, SH (Foto Antara / Muhammad Hajiji)

Donggala, Sulawesi Tengah, (antarasulteng.com) - Bupati Donggala Sulawesi Tengah, Kasman Lassa, menghimbau masyarakat di kabupaten tersebut untuk menjaga aset-aset milik PT. Pertamina di Desa Loli, Kecamatan Banawa.

"Adanya PT. Pertamina di Kabupaten Donggala menambah jumlah aset yang harus di jaga oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama," kata Bupati Kasman Lassa, di Donggala, Kamis.

Menurut dia, hadirnya PT. Pertamina di Donggala memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap pembangunan daerah tersebut baik secara fisik maupun non-fisik.

Bupati mengakui bahwa PT.Pertamina lewat TBBm Donggala telah berkontribusi senilai Rp7,5 miliar yang dihasilkan dari penjualan premium dengan thruput rata-rata 400 kl/hari, solar 500 kl/hari, pertalite 256 kl/hari dan avtur 100 kl/hari serta pertamax 32 kl/hari, dengan ketahanan stok rata-rata 12 hari untuk semua produk.

PT. Pertaima tahun 2016 ini juga membantu pemerintah setempat lewat pelestarikan 30 burung maleo yang akan dilepas ke habitat aslinya, sebagai upaya pelestarian endemik Provinsi Sulawesi Tengah.

"Pertamina telah terbukti memperlihatkan kontribusinya kepada pemerintah dan masyarakat lewat kegiatan-kegiatan pelestarian lingkungan, keanekaragaman hayati dan sosial, yang tahun ini telah mengucurkan anggaran dari CSR senilai Rp503 Juta," ujarnya.

Ia mengatakan selain kegiatan tersebut PT. Pertamina belum lama ini juga membantu Pemkab Donggala mengatasi kelangkaan LPG, dengan membangun depot LPG di Desa Salumbone, Kecamatan Labuan, Donggala.

Pembangunan depot LPG itu sangat menunjang kebutuhan masyarakat terhadap LPG, sehingga Pemkab Donggala turut serta membantu untuk kemudahan pembangunannya.

"Salah satu wujud dan kontribusi yang diberikan yaitu pembangunan depot LPG di Salumbone Kecamatan Labuan, ini perlu untuk dijaga oleh masyarakat," sebutnya.