Bupati Donggala Percepat Pembangunan PLTU 100 MW

id pltu

Bupati Donggala Percepat Pembangunan PLTU 100 MW

Ilustrasi (antaranews)

Donggala, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Bupati Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa menyatakan tekadnya mempercepat proses administrasi pembangunan Perusahaan Listrik Tenaga Uap (PLTU) 100 megawatt di Desa Lero Kecamatan Sindue.

"Iya semua urusan dan kebutuhan administrasi untuk pembangunan PLTU 2X50 MW segera kami proses untuk penyelesaiannya," kata Bupati Donggala, Kasman Lassa, di Donggala, Sabtu.

Bupati Kasman Lassa menjelaskan saat ini administrasi yang belum rampung atau masih dalam proses, yaitu izin prinsip dan izin lokasi pembangunan PLTU tersebut.

Dua dokumen izin tersebut, kata Bupati, sedang diupayakan tim teknis Pemkab Donggala untuk dikaji dan segera dirampungkan.

Dia menyebutkan pembangunan PLTU 2X50 megawatt membutuhkan ketersediaan lahan seluas kurang lebih 42 hektar berlokasi di Desa Lero Kecamatan Sindue.

Lahan tersebut saat ini diupayakan Pemkab Donggala termasuk administrasinya dibebaskan oleh Perusahaan Listrik Negara (PLN).

"Pemkab Donggala mendorong PLN segera merealisasikan pembangunan PLTU 100 megawatt. Kita bantu sepenuhnya termasuk pengurusan lahan," katanya.

Ia menjelaskan PLTU dengan kapasitas 100 megawatt itu, jauh lebih besar dari PLTU yang dibangun oleh PLN dan Pemkot Palu di Kecamatan Tawaeli Kota Palu.

Dia mengakui masyarakat Kabupaten Donggala sangat membutuhkan ketersediaan energi listrik, dengan keinginan PLN membangun PLTU merupakan langkah tepat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

"Sebahagian masyarakat di Donggala meliputi 16 kecamatan masih belum menikmati listrik secara maksimal, kami berharap hadirnya PLTU ini sangat membantu memenuhi kebutuhan masyarakat," katanya.