Pemkab Donggala Kembangkan Jagung Hibrida

id kasman, lassa

Pemkab Donggala Kembangkan Jagung Hibrida

Bupati Donggala, Kasman Lassa, menyerahkan bantuan bibit jagung hibrida kepada petani yang tergabung dalam Gabungan Kelompok Tani di Desa Labuan Panimba, Kecamatan Labuan Kabupaten Donggala. (ANTARA FOTO/Muhammad Hajiji)

Kami selalu berupaya untuk meningkatkan usaha petani dari sektor pertanian, mulai dari membenahi hulu yaitu menyediakan air sampai dengan pemberian sarana penunjang pertanian dan pasar
Donggala, Sulawesi Tengah,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala Sulawesi Tengah mengembangkan tanaman jagung hibrida sebagai penunjang ketersediaan pangan di daerah itu.

Bupati Donggala, Kasman Lassa di Donggala, Rabu, menyatakan jagung hibrida merupakan salah satu komoditas yang memiliki kualitas baik serta nilai jual yang tinggi di pasar.

"Jagung hibrida menjadi salah komoditas yang diandalkan oleh Indonesia dalam upaya penyediaan ketersediaan pangan, serta peningkatan ekonomi dengan menggenjot produksi pertanian," ungkap Kasman Lassa.

Pemkab Donggala, sebut dia, telah menanam jagung tersebut di beberapa kecamatan di kabupaten tersebut di antaranya Kecamatan Sindue, Kecamatan Balaesang dan Balaesang Tanjung serta Banawa dan Kecamatan Labuan.

Pemkab Donggala terus mengajak masyarakat di di daerah tersebut, termasuk masyarakat atau petani di Kecamatan Labuan untuk menanam jagung sebagai salah satu komoditas unggulan penunjang ketersediaan pangan.

"Donggala merupakan salah satu daerah di Indonesia yang diharapkan menjadi andalan untuk ketersediaan jagung sebagai penunjang pangan, sehingga pemerintah mengajak masyarakat untuk menanam komiditas tersebut," ungkap Kasman Lassa.

Pemkab Donggala juga memberikan bantuan kepada kelompok tani di kecamatan tersebut berupa dua unit handtrractor, pupuk serta bibit jagung hibrida untuk membantu petani yang dalam dalam kelompok dalam meningkatkan pertanian jenis komiditi tersebut.

Ia menyebutkan Pemkab Donggala tidak hanya mengajak serta memberikan bantua kepada petani untuk menanam jagung tersebut, melainkan turut serta berupaya membangun relasi untuk kepentingan pasar dari komoditas yang dihasilkan oleh petani.

"Kami selalu berupaya untuk meningkatkan usaha petani dari sektor pertanian, mulai dari membenahi hulu yaitu menyediakan air sampai dengan pemberian sarana penunjang pertanian dan pasar," katanya.