Kamis, 24 Agustus 2017

Menag Buka Sidang Sinode GkST Di Palu

id menag, lukman
Menag Buka Sidang Sinode GkST Di Palu
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di dampingi Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola saat memukul gong pembukaann Sidang Sinode ke-46 GKST di Hotel Mercure, Kamis (17/11) (ANTARA FOTo/Fauzi)
Palu, (antarasulteng.com) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin membuka Sidang Sinode ke-46 Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) yang berlangsung di Palu mulai Kamis.

Sidang yang pertama kali digelar di Ibu Kota Provinsi Sulteng itu akan berlangsung empat hari dan berakhir pada 20 November 2016.

Menag menyambut positif penyelenggaraan sidang sinode itu dan berharap dapat memberikan kontribusi besar dalam mengatasi berbagai masalah yang dihadapi bangsa dan negara Indonesia.

Menteri mengatakan gereja selama ini sudah banyak memberikan sumbangsih dan kontribusi besar termasuk dalam menjaga kerukunan antarumat beragama di Tanah Air, khususnya di Provinsi Sulteng.

Karena itu, sidang sinode sangatlah penting karena tentu akan banyak hal yang dapat dibicarakan dan menjadi suatu rekomendasi bagi pemerintah dalam menghadapi dan menyikapi persoalan bangsa kita," ujarnya.

"Terus terang saya suka sekali untuk bisa hadir dan mengikuti sidang gereja seperti yang dilakukan Sinode GKST, tetapi karena berbagai kesibukan, itu tidak mungkin dihadiri semuanya," katanya.

"Saya sendiri baru tahu bahwa ada bayak sekali sidang gereja. Jumlahnya ada ratusan kegiatan sinode di seluruh Indonesia", katanya menmabahkan.

Menteri mengaku ada banyak undangan yang mengalir di meja menteri.

"Saya tidak mungkin bisa memenuhi senua undangan itu," kata dia.

Tetapi khusus kegiatan Sidang Sinode GKST, ia berusaha menghadirinya dan ternyata ribuan perserta yang hadir dan mengikuti sidang sinode tersebut.

Karena itu, Menag Lukman berharap kegiatan ini dapat menghasilkan sejumlah rekomendasi untuk didampaikan kepada pemerintah dan juga memilih Ketua Umum Sinode GKST baru untuk lima tahun ke depan.

Ia juga memberikan apresiasi yang tinggi kepada pengurus Sinode GKST periode sebelumnya pimpinan Pdt DR Yuberlian Padele yang akan berakhir dalam beberapa hari ini ke depan, atas pelayanan dan pembinaan terhadap umat kristiani yang selama ini mendapatkan pembinaan dari GKST.

Sementara Ketua Umum Majelis Sinode GKST DR Pendeta Yulberlian Padele menyampaikan terima kasih kepada Menag Lukman Hakim Saifuddin bersedia datang ke Palu dan membuka Sidabg Sinode GKST ke-46 yang berlangsung dari 17-20 November 2016.

Agenda utama adalah pemilihan Ketua Umum Sinode GKST untu masa bakti 2016-2021, dan evaluasi serta penyusunan program kerja lima tahun ke depan.

Perserta sidang yang berjumlah sekitar 1.000 orang berasal dari kabupaten dan kota di Sulteng serta dua provinsi lain yakni Sulsel dan Sulbar.

Hadir pula Gubernur Sulteng Longki Djanggola dan Ketua MUI Kota Palu Prof Dr H. Zainal Abidin, M.Ag.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga