Minggu, 25 Juni 2017

Menag: GKST Berkontribusi Menata Kemajemukan

id menag, lukman
Menag: GKST  Berkontribusi Menata Kemajemukan
Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin (ANTARA FOTO/Fiqman Sunandar)
Palu,  (antarasulteng.com) - Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan bahwa Gereja Kristen Sulawesi Tengah (GKST) sebagai salah satu anggota Persekutuan Gereja-gereja Indonesia (PGI) telah memberikan kontribusi yang besar dalam menata kehidupan keberagamaan dan kemajemukan di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"GKST telah memberikan banyak kontribusi dalam pembangunan di Indonesia, yaitu ikut serta menata kemajemukan dan keberagamaan dalam bingkai persatuan dan kesatuan," kata Menag Lukman Hakim Saifuddin di Palu, Kamis, saat menyampaikan sambutan sekaligus membuka Sidang Sinode ke-46 GKST di Grand Hall Mercure Hotel Palu.

Kata Menag Lukman Hakim, pemerintah Indonesia sangat berterima kasih atas upaya dan kontribusi GKST dalam membangun solidaristas lewat membina pelayanan geraja dan jemaat, untuk menumbuh kembangkan dan menyebarluaskan ajaran kasih sayang.

Pemerintah, kata Menag, sangat berharap kontribusi yang telah diberikan oleh GKST dipertahankan dan ditingkatkan agar dapat menyesesuaikan serta bersama-sama pemerintah mewujudkan pembangunan nasional dalam bingkai keberagaman.

Olehnya Menag berharap Sidang Sinode ke-46 GKST di Palu, tidak sekedar membahas tentang pelayanan gereja secara interen umat Kristen, melainkan turut serta menyusun peran untuk melawan antikemajemukan dan antitoleransi di tanah air.

Sehingga pemimpin-pemimpin lembaga Kristen termasuk GKST dapat menjadi corong terdepan bersama pemerintah membina masyarakat untuk dapat menerima dan menghargai perbedaan yang telah terjadi sebagai suatu kehendak Tuhan.

"Mewujudkan kerukunan merupakan perintah dari Tuhan yang semua agama pasti diwajibkan untuk melaksanakan hal itu, olehnya perlu ada kesepahaman dalam pandangan dan pikiran untuk mewujudkan kerukunan dalam keberagaman," ujarnya.

Menag mengatakan peran yang diperlihatkan dan ditingkatkan oleh pimpinan-pimpinan lembaga Kristen termasuk GKST sangat membantu pemerintah mewujudkan Indonesia yang mandiri berdaya saing, sehat jasmani dan rohi.  

Editor: Rolex Malaha

COPYRIGHT © ANTARA 2016

Baca Juga