Terjadi 111 Kasus Kekerasan Perempuaan Di Palu

id anak

Terjadi 111 Kasus Kekerasan Perempuaan Di Palu

Ilustrasi (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Kota Palu, Sulawesi Tengah mencatat selama periode Januari-Oktober 2016 terjadi 111 kasus kekerasan terhadap perempuan dengan berbagai macam latar belakang di daerah setempat.

Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kota Palu, Irmayanti Pettalolo di Palu, Jumat mengatakan ke-111 kasus tersebut merupakan jumlah keseluruhan dari empat jenis kasus kekerasan terhadap perempuan.

Jumlah kasus tersebut merupakan keseluruhan dari empat jenis kasus terhadap perempuan yang dialami atau yang tercatat dan terlapor serta ditangani oleh pihak-pihak terkait sejak Januari-Oktober 2016.

Keempat jenis kasus tersebut yaitu Kasus Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT) 63 kasus, kekerasan seks atau asusila 24 kasus, penelantaran 11 kasus dan penganiayaan 13 kasus.

Sementara korban kekerasan yang mendapat layanan psikologi atas kekerasan terhadap perempuan berjumlah 25 orang, pelayanan bantuan hukum 111 orang.

Selanjutnya, urai dia, korban kekerasan yang mendapat layanan kesehatan 87 orang dan korban yang mendapat pendampingan 10 orang.

"Terlepas dari jumlah kasus tersebut kekerasan terhadap perempuan, juga ada korban-korban yang mendapat layanan khusus seperti layanan kesehatan, bantuan hukum, pendampingan dan psikologi, yang tidak tercatat dalam kasus kekerasan perempuan," jelasnya.

Dia mengatakan Pemkot Palu mengedepankan berbagai program paska pelayanan korban kekerasan yaitu dengan memberikan pemberdayaan khusus terhadap perempuan untuk mengasah keterampilan, untuk mencegah terjadinya kekerasan terhadap perempuan.

Karena, akui dia, salah satu faktor yang paling menonjol terjadinya kekerasan terhadap perempuan yaitu, faktor ekonomi terlepas dari faktor mental dan lainnya.

"Banyak program pemberdayaan yang kami siapkan untuk memberdayakan perempuan, terlepas dari pemberian layanan terhadap korban. Yaitu pemberdayaan untuk peningkatan keterampilan yang berdampak terhadap peningkatan ekonomi," jelasnya.