Parigi Moutong Tuan Rumah TTG Nasional

id parigi

Parigi Moutong Tuan Rumah TTG Nasional

Bupati Parigi Moutong, Samsurizal Tombolotutu (antara)

Pelaksanaan TTG nanti akan dipusatkan di bekas lokasi pelaksanaan Sail Tomini di Kayubura
Palu,  (antarasulteng.com) - Kabupaten Parigi Moutong, Provinsi Sulawesi Tengah, akan menjadi tuan rumah pelaksanaan gelar Teknologi Tepat Guna Nasional ke-19 tahun 2017.

"Sudah ada SK (surat keputusan) gubernur menetapkan Kabupaten Parigi Moutong sebagai tuan rumah," kata Bupati Parigi Moutong Syamsurizal Tombolotutu di Kota Palu, Minggu.

Syamsurizal memperlihat foto surat keputusan gubernur yang ditandatangani Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola tanggal 18 November 2016 tersebut.

Keputusan tersebut, kata dia, merupakan tindaklanjut dari surat Kementerian Daerah Tertinggal dan hasil kesepakatan Badan Penanaman Modal Daerah provinsi dan kabupaten/kota se Indonesia.

"Pelaksanaan TTG nanti akan dipusatkan di bekas lokasi pelaksanaan Sail Tomini di Kayubura," katanya.

Syamsurizal mengatakan salah satu syarat pelaksanaan TTG tersebut minimal dilaksanakan di atas areal satu hamparan seluas 15 hektare. Sementara bekas lokasi Sail Tomini mencapai 23 hektare.

"Lokasinya sangat memenuhi syarat," katanya.

Dia memperkirakan kegiatan TTG tersebut akan diikuti 20 ribu orang dari 514 kabupaten/kota dan 34 provinsi se-Indonesia dengan estimasi satu kabupaten/kota 20 orang.

"Setiap daerah pasti ingin memamerkan produk teknologinya," katanya.

TTG yang akan dilaksanakan selama lima hari pada Oktober 2017 tersebut, kata Syamsurizal, akan berdampak positif terhadap Sulawesi Tengah khususnya Kabupaten Parigi Moutong yang akan menjadi pusat pertemuan dalam bidang teknologi tepat guna dari berbagai kabupaten/kota se-Indonesia.

"Dampaknya sangat besar terutama dampak ekonomi bagi masyarakat," katanya.

Dia memperkirakan para bupati/wali kota se-Indonesia juga akan hadir pada pembukaan TTG tersebut karena kegiatan ini merupakan momentum bagi daerah untuk mempromosikan produk teknologinya.