Pemprov Sulteng Ajak Masyarakat Biasakan Komsumsi Buah

id buah

Pemprov Sulteng Ajak Masyarakat Biasakan Komsumsi Buah

Ilustrasi (FOTO ANTARA)

Palu, (antarasulteng.com) - Pemprov Sulawesi Tengah mengajak masyarakat di daerah itu untuk membiasakan diri mengkonsumsi berbagai jenis buah karena banyak sekali kegunaanya bagi kesehatan.

"Kesehatan perlu dijaga, antara lain dengan banyak makan buah," kata Kepala Dinas Pertanian Provinsi Sulteng, Trie Iriany Lamakampali di Palu, Senin.

Buah-buah yang banyak mengandung vitaman antara lain pepaya, pisang, semangka, anggur, mangga, manggis, buah naga, jeruk, rambutan dan buah kelor.

Di Sulteng, kata dia, paling kaya jenis buah dan hampir semua buah ada di daerah tersebut.

Kecuali ada satu jenis buah yang memang selama ini belum dikembangkan di Sulteng yaitu buah apel.

Dan di Sulteng, setiap saat bisa mengkonsumsi buah karena memang daerah ini penghasil buah-buahan.

Trie mengungkapkan ada sejumlah buah yang sangat baik untuk dikonsumsi dan dapat menyembuhkan segala jenis penyakin, termasuk kanker dan diabetas.

Penyakit kanker dan diabetes dapat disembuhkan dengan mengkonsumsi buah naga dan kelor, termasuk daun kelor secara rutin.

Selain itu,kata dia, Sulteng juga banyak memiliki pangan nonberas seperti jagung, kedelai, ubi-ubian dan pisang yang sangat baik bagi kesehatan.

Buah-buahan dan pangan nonberas seperti beras jagung, ubi-ubian juga dapat mengurangi penyakit deabetes yang akhir-akhir ini banyak menyerang manusia dan salah satu dari beberapa penyakit pembunuh manusia di dunia.

Karena itu, untuk mengantisipasi berbagai penyakit, Trie mengimbau masyarakat Sulteng lebih membiasakan diri makan buah dan makanan pangan nonberas.