BI Dorong Bank Sulteng Kelola Dana Desa

id bank, bi

BI Dorong Bank Sulteng Kelola Dana Desa

Bank Indonesia (BI) (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tengah mendorong Bank Pemerintah Daerah (BPD) atau Bank Sulteng untuk mengelola penyaluran dana desa.

"Saat ini pemerintah telah berkomitmen memberikan dana desa hampir Rp1 miliar per desa per tahun. Angka itu dikalikan dengan berapa jumlah desa di Sulteng. Ini merupakan peluang yang perlu ditangkap oleh Bank Sulteng dalam proses penyalurannya," katanya dihubungi dari Palu, Selasa.

Kata dia, saat ini pihaknya sedang melakukan pertemuan dengan Gubernur BI bersama gubernur Sulteng dan direktur Bank Sulteng untuk membahas peran BPD dalam mendorong perekonomian daerah.

"Saya melihat peran BPD dalam mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah sudah ada, tinggal bagaimana kita mendukung peran itu untuk lebih ditingkatkan lagi," ujarnya.

Selain itu kata Miyono dalam mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah, dana-dana yang dihimpun BPD sebaiknya bersifat dana jangka panjang dan dapat mebiayai program jangka panjang.

Permasalahan saat ini, sumber dana BPD merupakan dan bersifat jangka pendek, yakni dana APBN yang sementara belum direalisasikan, oleh satuan kerja perangkat daerah," tambahnya.

Kunci dari perkembangan perbankan kata dia, dilihat dari sisi pendanaan dan penyaluran pembiayaan.

Sementara itu, Kepala Bidang Pemerintah Desa dan Kelurahan Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Sulteng, Hatijah mengatakan bantuan dana desa tahun anggaran 2016 yang dialokasikan pemerintah pusat untuk Sulteng mencapai Rp1,124 triliun, meningkat 100 persen dibanding 2015 sebesar Rp500,3 miliar.

Pada 2015, katanya, dana desa sebesar Rp500,301 miliar tersebut disalurkan kepada 1.839 desa yang tersebar di 12 kabupaten. Jumlah alokasi dana desa di tiap desa bervariasi karena disesuaikan dengan luas wilayah dan jumlah penduduk serta kondisi geografis desa.