Chelsea benamkan City 3-1, makin nyaman di puncak

id Chelsea

Chelsea benamkan City 3-1, makin nyaman di puncak

Dua pemain Chelsea asal Brazil, David Luiz (kiri) dan Willian (kanan), merayakan gol Willian ke gawang Manchester City dalam laga lanjutan Liga Utama Inggris di Stadion Etihad, Manchester, Inggris, Sabtu (3/12/2016), dengan memberikan penghormatan kepada para korban Tragedi Chapecoense. (twitter.com

Manchester, Inggris (antarasulteng.com) - Chelsea sukses membenamkan Manchester City 3-1 dalam lawatan ke Stadion Etihad, Manchester, Inggris, untuk laga pekan ke-14 Liga Utama Inggris, Sabtu.

Berkat kemenangan itu, tim besutan Antonio Conte semakin nyaman di puncak klasemen dengan raihan 34 poin dan setidaknya dipastikan memperlebar jarak dari salah satu pesaing mereka, City (30), yang tertahan di peringkat ketiga dan bukan tidak mungkin bakal digusur Arsenal (28) yang baru tampil pada Minggu (4/12) dini hari WIB.

Seluruh gol di laga tersebut tercatat dicetak oleh pemain Chelsea, namun satu di antara empat gol justru melesak ke dalam gawang Pasukan Biru sendiri.

Adalah pemain belakang Gary Cahill yang berusaha menghalau umpan silang nan tajam dari Jesus Navas ke dalam kotak penalti namun justru membuat bola melambung melewati kepala penjaga gawang Chelsea Thibaut Courtois dan memberikan keunggulan bagi City tepat pada menit 45.

Ketertinggalan itu direspon Conte dengan menurunkan Willian menggantikan Pedro pada menit 50, yang segera memberikan dampak instan dengan mengecoh Fernandinho di tengah lapangan sebelum melepaskan tendangan yang sayangnya masih terlalu mudah dijinakkan penjaga gawang Claudio Bravo pada menit 52.

Cesc Fabregas, yang untuk kali pertamanya tampil di laga liga sejak akhir September 2016 lalu, membuktikan dirinya masih pantas diberikan kesempatan oleh Conte dengan mengunggahkan umpan lambung terarah yang dikendalikan sejenak oleh Diego Costa melewati Nicolas Otamendi sebelum melepaskan tendangan yang menaklukkan Bravo demi menyamakan kedudukan 1-1 pada menit 60.

Sepuluh menit berselang, keputusan Conte memasukkan Willian terbukti manjur sebab legiun Brazil itu membawa Chelsea membalikkan keadaan menjadi 2-1 dengan mengakhiri sebuah serangan balik, yang diawali keberhasilan Fabregas memotong jalur umpan Ilkay Guendogan, dengan tendangan rendah yang kembali memaksa Bravo memungut bola dari dalam gawangnya.

Willian, bersama rekannya sesama legiun Brazil, David Luiz, merayakan gol tersebut dengan mengangkat ban hitam dari lengan mereka yang bertuliskan "Força Chape" sebagai bentuk penghormatan kepada para korban Tragedi Chapecoense.

Upaya City untuk kembali menyamakan kedudukan tak kunjung membuahkan hasil, malahan tepat pada menit 90 Chelsea memperbesar keunggulan menjadi 3-1 lagi-lagi lewat sebuah serangan balik yang diakhiri aksi Eden Hazard dengan meleapskan tendangan keras ke sudut kiri gawang.

Ketertinggalan dua gol memicu frustrasi di antara para pemain City, yang berujung pada pelanggaran keras Sergio Aguero terhadap David Luiz yang segera direspon wasit Anthony Taylor dengan kartu merah untuk Aguero, dan disusul kartu merah untuk Fernandinho yang memicu ketegangan di dalam lapangan dengan mencekik leher Fabregas.

Susunan pemain kedua tim seturut laman resmi Liga Utama Inggris:

Manchester City (3-4-2-1): Claudio Bravo (PG); Nicolas Otamendi, John Stones (Kelechi Iheanacho), Aleksandar Kolarov; Jesus Navas, Fernandinho, Ilkay Guendogan (Yaya Toure), Leroy Sane (Gael Clichy); Kevin De Bruyne, David Silva; Sergio Aguero
Pelatih: Pep Guardiola

Chelsea (3-4-3): Thibaut Courtois (PG); Cesar Azpilicueta, David Luiz, Gary Cahill; Victor Moses, N'Golo Kante, Cesc Fabregas, Marcos Alonso; Pedro Rodriguez (Willian), Diego Costa (Nathaniel Chalobah), Eden Hazard (Michy Batshuayi)
Pelatih: Antonio Conte