KONI Pusat Harap Hasil Musorprov Tingkatkan Prestasi

id koni

KONI Pusat Harap Hasil Musorprov Tingkatkan Prestasi

Komite Nasional Olahraga Indonesia (Antaranews)

Palu, (antarasulteng.com) - KONI Pusat sangat berharap hasil Musyawarah Olahraga Provinsi Sulawesi Tengah 2016 menghasilkan ketua umum KONI yang berkualitas dan keputusan-keputusan yang strategis untuk meningkatkan prestasi atlet di daerah itu.

"Jangan pengurus justru mengurusi pengurus sendiri, tetapi benar-benar mengurus olahraga dengan baik agar prestasi atlet meningkat," kata Ketua Bidang Organisasi KONI Pusat Nanang Juana Pribadi pada pembukaan Musorprov IX KONI Sulteng Palu, Sabtu malam.

Ia mengatakan selama ini ada beberapa Pengurus KONI di daerah yang hanya sibuk dengan mengurus sesama pengurus. Padahal yang harus diurusi KONI adalah atlet dan pelatih cabang olahraga.

"Ini yang banyak terjadi di daerah-daerah sehingga perlu mendapat perhatian karena berpengaruh besar terhadap pembinaan dan peningkatan prestasi atlet di daerah itu," katanya.

Musorprov KONI Sulteng sangat penting dan strategis karena dilaksanakan setiap empat tahun sekali untuk memilih ketua umum dan menyusun program kerja.

Menurut dia, siapapun yang terpilih menjadi Ketua Umum KONI Sulteng periode 2016-2020 sangat menentukan untuk kemajuan dan peningkatan prestasi oahraga selama empat tahun ke depan.

Berdasarkan catatan KONI Pusat, pada PON XIX di Jabar 2016 peringkat Sultebg berada pada posisi 32 dari 33 provinsi perseta PON.

PON di Papua 2020, Sulteng harus bisa menaikkany peringkat lebih tinggi.

"Itu bisa tercapai jika pembinaan dan persiapan atlet dilakukan dengan matang dan profesional, tentu perlu didukung dengan ketersediaan sarana dan prasarana olahraga yang memadai, serta dukungan dana dari pemerintah daerah baik APBD provinsi maupun kabupaten/kota," ujarnya.

Juga adanya pihak swasta yang ikut terlibat di dalam pembinaan olahraga baik di tingkat provinsi maupun kabupaten dan kota di Sulteng.

Musorprov KONI Sulteng dibuka oleh Gubernur Longki Djanggola dan dihadiri 56 peserta dari KONI dan pengprov cabor dari 13 kabupaten dan kota.

Hadir dalam acara itu antara lain Ketua DPRD Sulteng Aminuddin Ponelele, mantan Gubernur Sulteng HB. Paliudju, Wali Kota Palu Hidayat dan sejumlah tokoh masyarakat dan olahraga di daerah itu.