Gubernur Sulteng Janji Libatkan Swasta Bina Olahraga

id longki

Gubernur  Sulteng Janji Libatkan Swasta Bina Olahraga

Drs, Longki Djanggola, MSi (humas)

Palu, (antarasulteng.com) - Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola berjanji ke depan akan melibatkan para bupati dan wali kota serta swasta untuk membina olahraga di daerah itu.

Hal itu disampaikan Gubernur Longki ketika menutup Musyawarah Olahraga Provinsi KONI ke IX di Palu yang berakhir Minggu malam.

Gubernur mengatakan akan meminta para bupati dan wali kota untuk menyisihkan dana APBD untuk membantu KONI setempat agar pembinaan olahraga di daerah bisa berjalan dengan baik.

Juga pada 2017 akan mengumpulkan semua perusahaan swasta yang ada di kabupaten kota di Sulteng untuk terlibat dalam pembinaan olahraga di provinsi ini.

Ada banyak perusahan besar yang bergerak di sektor perkebunan dan pertambangan di Sulteng sudah waktunya mereka dilibatkan langsung dalam pembinaan cabang olahraga di daerah ini.

Paling tidak satu perusahaan bisa membina dua cabang olahraga yang cocok dibina di daerah masing-masing. "Ya istilahnya mereka jadi "bapak" angkat cabang olahraga tertentu yang disesuaikan dengan kondisi daerahnya,"kata Gubernur Longki.

Ia juga berjanji akan meningkatkan alokasi dana pembinaan olahraga untuk meningkatkan prestasi atlet Sulteng.

Selain dana, tentu juga sarana dan prasarana olahraga perlu mendapat perhatian pemerintah daerah.

Gubernur juga meminta Ketua Umum KONI Sulteng yang baru terpilih dalam Musorprov KONI ke IX di Palu yang berlabgsung 3-4 Desember 2016 untuk masa bakti 2016-2020,Anwar Ponulele dan anggota tim formatur secepatnya menyusun kepengurusam KONI yang baru sesuai dengan waktu yang telah ditetapkan.

"Dan jangan lupa mereka yang akan duduk dalam kepengurusan KONI harus orang-orang yang mau bekerja mengurus olahraga," pinta Gubernur Longki.

Karena biasanya ada yang hanya mau namanya saja dipasang sebagai pengurus,tetapi tidak aktif."Ini harus diperhatikan dalam menentukan seseorang yang akan dipasang dalam kepengurusan KONI Sulteng,"katanya.

Sementara Ketum KONI Sulteng yang baru terpilih, Anwar Ponulele berjanji segera melengkapi kepengurusan KONI Sulteng dalam jangka waktu 14 hari ke depan.

"Kami diberi waktu untuk melengkapi kepengurusan KONI Sulteng selama dua minggu ini,"kata Anwar.

Anwar terpilih secara aklamasi pada Musorprov yang diikuti sebanyak 56 peserta dari seluruh kabupaten dan kota di Sulteng.

Hadir dalam penutupan Musorprov KONI Sulteng antara lain Ketua DPRD Sulteng Aminuddin Ponulele, mantan Gubernur HB Paliudju dan mantan bupati Donggala dan Buol.