Sulteng Target Konsumsi Ikan 53,83 Kilogram/kapita

id ikan

Sulteng Target Konsumsi Ikan 53,83 Kilogram/kapita

Ilustrasi--Ikan (antaranews)

Palu,  (antarasulteng.com) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Tengah menargetkan angka konsumsi ikan di daerah itu pada 2021 sebesar 53,83 kilogram per kapita per tahun sehingga gizi masyarakat di daerah kepulauan itu semakin baik.

"Sehingga kebutuhan ikan di Sulawesi Tengah dipredikasi sebesar 239.024 ton," kata Gubernur Sulawesi Tengah di Palu, Rabu.

Saat ini konsumsi ikan per kapita per tahun baru sebesar 45,07 kilogram.

Longki mengklaim bahwa sejak dirinya memimpin SUlawesi Tengah lima tahun tren konsumsi ikan per kapita terus naik dari sebelumnya hanya 37,92 kilogram per kapita per tahun menjadi 45,07 kilogram pada 2015.

"Komoditas ikan merupakan salah satu solusi bagi permasalahan ketahanan pangan dan gizi," katanya.

Longki mengatakan ikan yang kaya akan gizi sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kecerdasan manusia.

Dia mengatakan kebutuhan ikan di Sulawesi Tengah dipredikasi bersumber dari perikanan tangkap sebesar 132.498 ton Dan perikanan budidaya sebanyak 106.526 ton.

Menurut Longki sebagai provinsi yang bercirikan kepulauan dengan jumlah pulau sebanyak 1.556 buah dan perairan laut seluas 193.923,75 kilometer buju sangkar dan didukung perairan umum daratan berupa danau, sungai dan rawa merupakan anugerah bagi masyarakat Sulawesi Tengah.

Anugerah tersebut kata dia, setidaknya menjadi lapangan kerja bagi masyarakat sehingga dapat menekan angka kemiskinan, meningkatkan ekonomi daerah dan mendukung ketahanan pangan dan gizi masyarakat Sulawesi Tengah.

Untuk mendukung peningkatan konsumsi ikan di Sulawesi Tengah, pemerintah daerah terus mendorong sejumlah kegiatan kuliner yang bersumber dari ikan. Selain itu juga terus meningkatkan industri olahan ikan.

Berbagai pihak juga terus melakukan kampanye makan ikan seperti Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) antara lain melalui gebyar gemar makan ikan di Desa Tulo, Kabupaten Sigi.

Acara yang berlangsung sejak Selasa (6/12) tersebut diikuti sekitar 1.200 peserta dari perwakilan siswa-siswi Sekolah Dasar se Kabupaten Sigi beserta guru. Di arena kegiatan juga dibuka tempat pameran UKM yang bergerk di bidang usaha ikan olahan serta lomba memasak serba ikan.