2.000 Personel Disiagakan Jelang Natal

id suprapto

2.000 Personel Disiagakan Jelang Natal

Kabid Humas Polda Sulteng AKBP Drs. Hari Suprapto, MSi (poldasulteng.com)

Palu,  (antarasulteng.com) - Kepolisian Daerah Sulawesi Tengah menyiagakan sekitar 2.000 personel untuk mengamankan perayaan Natal 2016 dan Tahun 2017 di seluruh wilkayah.

Juru Bicara Polda Sulteng AKBP Hari Suprapto mengatakan di Palu, Kamis, pihaknya terus melakukan pemantauan terhadap situasi di Sulteng, khususnya Poso sebagai daerah Operasi Tinombala.

Selain itu, terkait dengan situasi yang dianggap mengancam perayaan Natal dan Tahun Baru, Polda Sulteng telah membuat prediksi intelijen.

"Khususnya aksi-aksi yang berhubungan dengan tindakan terorisme," ujarnya.

Tindakan itu dilakukan, kata Hari, untuk memberikan rasa aman dan nyaman buat masyarakat yang merayakannya.

Selain itu, Polda Sulteng dan Polres di kabupaten dan kota juga menggelar operasi penyakit masyarakat (Pekat) dengan sasaran pemberantasan minuman keras, judi dan prostitusi.

"Hingga saat ini kondisi keamanan di Sulteng dalam keadaan kondusif, belum ada hal-hal yang menojol akibat efek dari daerah lain seperti bom di Samarinda," tambah Hari.

Khusus pengamanan daerah operasi di Poso, telah diberikan tanggung jawab kepada satgas Operasi Tinombala. Sementara di luar daerah operasi, diberlakukan sama dengan polres lainnya.

"Jika situasi memaksakan pasukan ditambah, maka itu akan kami lakukan untuk memberikan keamanan di Sulteng," imbuhnya.

Hari berharap, untuk akhir 2016, kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat tidak lagi diperhadapkan dengan gangguan Kamtibmas. Sehingga beberapa hari ke depan, pihaknya akan menggelar rapat lintas bidang dan seluruh jajaran pemerintah agar fokus pada pelayanan dan pengamanan jelang Natal dan Tahun Baru.