PLN Area Palu Siap Laksanakan Subsidi Listrik 2017

id pln

PLN Area Palu Siap Laksanakan Subsidi Listrik 2017

Manager PLN Area Palu Emir Muhaimin (kanan) berkunjung ke Biro Antara Sulteng (ANTARA FOTO/Rolex Malaha)

Palu.  (antarasulteng.com) - Manager PT PLN Area Palu, Emir Muhaimin menyatakan pihaknya siap melaksanakan kebijakan subsidi listrik tepat sasaran, yang akan dilaksanakan 1 Januari 2017.

"PLN bekerja secara teknis pelaksanaan di lapangan, sementara soal sosialisasi merupakan urusan pemerintah daerah setempat," kata Emir di Palu, Sabtu.

Menurut Emir, secara teknis aplikasi yang dimiliki PLN sudah siap dan akan berubah per 1 Januari 2017. Demikian pula status rekening kata dia, akan berubah sesuai dengan aplikasi.

Kata Emir, secara teknis, masyarakat yang merasa tidak mampu dan tidak masuk dalam data pelanggan kurang mampu yang dimiliki oleh PLN, maka bisa melaporkan ke pemerintah setempat, mulai dari desa atau kelurahan sampai tingkatan diatasnya.

"Saat ini PLN menggunakan data satu pintu yang dikeluarkan oleh Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K)," ujarnya.

Sementara itu, PLN Area Palu kata dia, telah menyelesaikan penyisiran terhadap pelanggan listrik yang akan mendapatkan subsidi di daerah itu.

"Petugas kami sudah selesai melaksanakan pendataan kembali pelanggan listrik khusus daya 900 VA, sesuai data TNP2K," katanya.

Berdasarkan data TNP2K, tercatat pelanggan daya 900 VA yang menggunakan listrik subsidi untuk area Palu sebanyak 15.335.

"Jumlah itu yang kami sisir kembali apakah masih layak atau sudah tidak layak,"kata dia.

Tetapi untuk menetapkan layak-tidaknya, bukan PLN Palu, namun pusat.

"Kami di sini hanya sebatas mensurvei dan selanjutnya yang akan menentukan pelanggan daya 900 VA itu masuk kategori pelanggan yang disubsidi dan tidak lagi adalah pusat,"katanya.

Emir menambahkan sesuai hasil survei, memang banyak ditemukan pelanggan daya 900 VA masuk data TNP2K, tetapi sebenarnya mereka sudah tidak layak menerima subsidi listrik.

"Ada pelanggan daya 900 VA, punya usaha, tetapi listriknya disubsidi," kata dia.

Pelanggan daya 900 VA seperti itu, jelas tetap dayanya 900VA, tetapi tarif yang akan diberlakukan sudah tarif nonsubsidi.

Ia mengatakan pelanggan daya 900 VA yang selama ini mendapatkan tarif subsidi dari pemerintah untuk Kota Palu 3.865 pelanggan, Kabupaten Donggala 1.236 pelanggan, Parigi Moutong 938 pelanggan, Kabupaten Poso 1.682, Tenten 3.510 pelanggan.

Berikutnya, Kabupaten Morowali Utara 2.625 pelanggan dan Kabupaten Morowali 1.479 pelanggan.

Jadi total pelanggan 900VA di wilayah PLN Area Palu yang masuk dalam data TNP2k sebanyak 15.335 pelanggan.