Rabu, 20 September 2017

Poso Komitmen Sukseskan "Tour De Central Celebes"

id TDCC
Poso Komitmen Sukseskan
Objek Wisata Alam Danau Tambing di kawasan Taman Nasional Lore Lindu, Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. (Antarasulteng.com/Muhammad Hajiji)
Pemerintah sangat berbangga dan senang hati menyambut hal ini, oleh karena itu Pemkab Poso bersedia untuk menyukseskan dan memeriahkan kegiatan tersebut pada September nanti dengan berbagai kegiatan
Palu, (Antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Poso, Sulawesi Tengah, bersedia menyukseskan kegiatan "Tour De Central Celebes" (TDCC) yang digelar September 2017 sebagai bentuk promosi potensi wisata unggulan di provinsi tersebut.

Wakil Bupati Poso T Samsuri di Palu, Selasa mengatakan, Pemkab Poso menyambut baik inisiatif Pemprov Sulteng yang menetapkan Kabupaten Poso sebagai salah satu daerah tempat lintasan peserta dan pelaksanaan TDCC 2017.

"Pemerintah sangat berbangga dan senang hati menyambut hal ini, oleh karena itu Pemkab Poso bersedia untuk menyukseskan dan memeriahkan kegiatan tersebut pada September nanti dengan berbagai kegiatan," ungkap T Samsuri.

Kata Wabup TDCC yang menghadirkan kurang lebih 1.500 peserta menggunakan sepeda mengunjungi objek-objek wisata di berbagai daerah yang dilintasi di Sulawesi Tengah, turut serta memperbaiki dan merubah pandangan masyarakat tentang Kabupaten Poso serta mempromosikan kabupaten tersebut.

Menurut Wabup, TDCC yang dihadiri dan diikuti oleh peserta dari dalam dan luar negeri, akan memberikan dampak yang yang sangat besar kepada daerah tersebut sekaligus menunjang upaya Pemkab Poso untuk menghapus kesan negatif terhadap daerah itu.

Ia mengatakan pemkab Poso akan menggelar Festival Danau Poso dengan menghadirkan berbagai khasanah budaya dan kuliner daerah tersebut sebagai bagian dari rangkaian TDCC 2017, untuk memeriahkan dan menghiur peserta.

"Selain mengunjungi objek-objek wisata alam di Kabupaten Poso, pemerintah berinisiatif agar TDCC dirangkaikan dengan Festival Danau Poso agar lebih meriah dan peserta tidak jenuh dan bosan karena menikmati budaya tari-tarian yang unik," katanya.

Namun, sebut dia, perlu ada penyesuaian anggaran antara Pemkab Poso dan Pemprov Sulawesi Tengah atas pelaksanaan kegiatan tersebut, sehingga Pemkab Poso dapat mengetahui secara jelas bentuk kegiatan yang dibiayai lewat APBD-II.

Terkait hal itu Kepala Dinas Pariwisata Sulteng, Siti Norma Mardjanu menyatakan di Palu, Siti Norma Mardjanu menyatakan 1.500 peserta TDCC berasal dari dalam dan luar negeri serta regional Sulawesi, yang terdiri dari atlet balap sepeda dan pemerintah serta pendukung atlet.

"Iya, Pemerintah Sulawesi Tengah dan pemerintah kabupaten dan kota sepakat untuk jumlah peserta tersebut, yang kemungkinan akan mengalami tambahan, karena kegiatan TDCC belum terpromosi secara maksimal," ungkap Norma Mardjanu.

Kata Norma Mardjanu jumlah peserta tersebut meliputi peserta dari negara ASEAN, Australia, Amerika dan Eropa sebanyak 250 atlet, yang direncanakan akan tiba di Sulawesi Tengah pada bulan Agustus 2017 mendatang dengan berbagai pendukungnya.

Peserta tersebut mengambil star di Kota Ampana Kabupaten Tojo-Unauna menuju Kota Tentena Kabupaten Poso. Kemudian dari Poso menuju Kabupaten Parigi Moutong dan dari Parimo menuju Kota Palu serta Kabupaten Sigi.

Editor: Anas Masa

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga