Israel protes resolusi dengan pangkas dana untuk PBB

id israel

Israel protes resolusi dengan pangkas dana untuk PBB

israel (reuters)

Perserikatan Bangsa-Bangsa/PBB (antarasulteng.com) - Israel pada Jumat memangkas sekitar enam juta dolar AS (sekitar Rp79,9 miliar) dana untuk PBB guna memprotes resolusi Dewan Keamanan yang menuntut penghentian pembangunan permukiman di wilayah Palestina.

Dewan Keamanan mengadopsi resolusi itu bulan lalu setelah Amerika Serikat menahan diri menggunakan hak vetonya untuk mencegah langkah itu.

Pengurangan dari kontribusi tahunan Israel sebesar 40 juta dolar AS (sekitar Rp532 miliar) untuk PBB tersebut mewakili porsi anggaran PBB yang dialokasikan untuk empat komite yang menangani isu Palestina menurut misi Israel.

"Tidak masuk akal bagi Israel untuk mendanai badan yang beroperasi melawan kami di PBB," kata Duta Besar Israel Danny Danon dalam sebuah pernyataan.

"Kami berupaya menghentikan praktik di mana PBB hanya digunakan sebagai forum untuk melancarkan serangan tiada akhir terhadap Israel," katanya sebagaimana dikutip kantor berita AFP.

Pemangkasan dana untuk PBB itu merupakan yang pertama dalam serangkaian langkah balasan yang menurut duta besar Israel akan diambil di PBB setelah pemerintah baru Amerika Serikat berkuasa.(mr)