Pemkab Tempatkan 400 Petugas Kebersihan Di Donggala

id kasman, lassa

Pemkab Tempatkan 400 Petugas Kebersihan Di Donggala

Bupati Donggala, Sulawesi Tengah, Kasman Lassa (donggala.co.id)

Donggala, Sulteng,  (antarasulteng.com) - Bupati Donggala Kasman Lassa mengatakan akan menyebar 400 orang tenaga kebersihan kota di seluruh kelurahan di dalam Kota Donggala untuk mendukung persiapan Donggala menjadi kota wisata.

"Kita akan sebar petugas-petugas kebersihan tersebut sesuai kebutuhan di masing-masing kelurahan untuk menjaga Kota Donggala sebagai kota terbersih," katanya saat dihubungi di Donggala, Sabtu.

Menurut Kasman, Kota Donggala sebagai kota tertua di Sulawesi Tengah akan dicanangkan menjadi kota wisata pada Agustus 2017 yang diagendakan akan dilakukan oleh Presiden Joko Widodo.

Untuk itu, persiapan yang dilakukan tidak hanya menyangkut sarana dan prasarana serta fasilitas pendukung tetapi juga kesiapan masyarakat berupa kesadaran warga untuk menciptakan dan menjaga sapta pesona.

Karena itu, kata Kasman, para petugas kebersihan yang akan ditempatkan itu tidak hanya bertugas untuk membersihkan sampah tetapi membantu menyosialisasikan tertib dan disiplin kebersihan kepada warga agar budaya kebersihan menjadi bagian penting dalam kehidupan sehari-hari.

Kasman juga mengungkapkan bahwa beberapa hari sebelumnya, ia sengaja melantik Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Donggala di tempat pembuangan akhir (TPA) sampah.

"Maksud saya supaya Kepala Dinas dan jajarannya fokus mengurus sampah. Saya tidak mau lagi melihat Kota Donggala kotor karena sampah berserakan karena tidak tertangani dengan baik," ujarnya.

Kota Donggala, katanya, sudah menerima Piala Adipura Kencana setelah tiga kali berturut-turut menerima piala Adipura sebagai lambang supremasi kota terbersih dari Presiden.

"Ini harus kita pertahankan dan tingkatkan dengan dukungan seluruh lapisan masyarakat," ujarnya.

Terkait persiapan fisik menjadikan Donggala sebagai Kota Wisata, Kasman mengatakan bahwa pihaknya sedang membangun kawasan wisata Anjungan Gonenggati dengan dana puluhan miliar rupiah yang akan selesai dalam beberapa bulan ke depan.

"Kami berharap Anjungan Gonenggati ini akan menjadi ikon wisata Donggala yang akan menambah daya tarik wisatawan dalam dan luar negeri untuk mengunjungi Kota Donggala," ujarnya.

Kota Donggala yang terletak sekitar 30 kilometer utara Kota Palu itu kini memiliki obyek wisata andalan Tanjung Karang yang telah banyak dikunjungi wisatawan asing dan domestik karena keindahan pantai dan alam bawah lautnya.