PKB Ajukan Delapan Nama Pengganti Cawagub

id PKB

PKB Ajukan Delapan Nama Pengganti Cawagub

PKB (i)

Seharusnya rapat koalisi sudah dilakukan sejak 1 Januari, tetapi karena PKB belum mengajukan nama sehingga kami minta waktu sampai minggu kedua
Palu, (Antarasulteng.com) - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sulawesi Tengah mengajukan delapan nama ke pimpinan pusat partai berlambang bola dunia itu untuk dipilih sebagai bakal calon pengganti wakil gubernur.

"Nanti setelah ditetapkan DPP baru nama-nama itu kami ajukan ke partai koalisi pendukung gubernur Longki/Sudarto," kata Ketua DPW PKB Sulawesi Tengah Zainal Daud di Palu, Minggu.

Dia mengatakan PKB meminta waktu sampai pekan kedua Januari untuk mengajukan nama pengganti Wakil Gubernur Sudarto ke partai koalisi karena harus diputuskan lebih dulu oleh DPP.

Pengganti wakil gubernur Sudarto dilakukan karena yang bersangkutan meninggal dunia pada 1 Oktober 2016.

"Seharusnya rapat koalisi sudah dilakukan sejak 1 Januari, tetapi karena PKB belum mengajukan nama sehingga kami minta waktu sampai minggu kedua," katanya.

Nama-nama yang mendaftar menjadi bakal calon pengganti wakil gubernur di PKB adalah Rusdy Mastura (mantan Wali Kota Palu/Ketua Dewan Pertimbangan Golkar Sulteng), Hidayat Lamakarate) birokrat Pemprov Sulteng, Zainal Daud (Ketua DPW PKB), Husen Jalaludin Lembah.

Empat lama lainnya yakni Alimuddin Paada (wakil Ketua DPRD Sulteng dari Gerindra), Lutfi Lembah (Mantan Ketua DPW PAN SUlteng), Oscar Paudi (Ketua DPW PAN Sulteng) dan Prof Syamsir Abdu (Staf ahli presiden RI bidang energi).

Nama-nama tersebut resmi mendaftar ke DPW PKB melalui desk pilkada yang diketuai Aminullah.

Zainal mengatakan dari delapan nama yang diajukan ke DPP tersebut, setidaknya dua nama yang akan ditetapkan untuk diajukan ke partai koalisi.

Empat partai koalisi pendukung pasangan Gubernur Longki/Sudarto adalah Gerindra, PKB, PAN dan PBB.

Sebelumnya DPW PAN telah mengajukan dua nama ke partai koalisi yakni Ketua DPW Oscar Paudi dan Mantan Ketua DPW PAN Lutfi Lembah.

Sebelumnya fungsionaris DPD Gerindra Sulawesi Tengah Alimuddin Paada mengatakan cepat atau lambatnya keputusan mengenai calon pengganti wakil gubernur tergantung cepat atau lambatnya keputusan partai koalisi.

Dia mengatakan, partai koalisi sudah melakukan pertemuan membahas rencana pengganti calon wakil gubernur tersebut. RApat didipimpin langsung Gubernur Longki Djanggola yang juga Ketua DPD Gerindra Sulawesi Tengah.

Salah satu tahapan yang akan dilalui adalah pengajuan nama-nama bakal calon oleh partai koalisi pengusung pasangan Longki/Sudarto.

Alimuddin mengatakan Presiden telah mengeluarkan keputusan pemberhentian Wakil Gubernur Sudarto yang meninggal dunia.