DPRD Palu Buka Masa Persidangan Cawu I

id dprd

DPRD Palu Buka Masa Persidangan Cawu I

Anggota Baperda saat membahas revisi Perda RTRW, di ruang rapat Gabungan DPRD Kota Palu, Rabu (5/8). (sriwahyuni)

Palu,  (antarasulteng.com) -DPRD Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah, menggelar rapat paripurna pembukaan masa persidangan caturwulan (cawu) I tahun 2017, Senin.

Pembukaan masa sidang itu merupakan tahap awal mengarungi rapat-rapat selanjutnya dalam skala estimasi masa bhakti anggota DPRD Kota Palu periode 2014-2019 yang memasuki tahun ketiga.

Pimpinan rapat, Basmin Karim mengatakan, sudah banyak prestasi yang ditorehkan DPRD Kota Palu. Namun kata dia, tidak sedikit pekerjaan rumah yang mesti diselesaikan.

"Fungsi dan wewenang yang diberikan oleh undang-undang tidak menuyurutkan niat bagi anggota DPRD sebagai penyambung lidah rakyat," kata Wakil Ketua DPRD Kota Palu itu.

Dia berharap, sikap kritis yang selalu disuarakan anggota dewan dapat ditanggapi oleh pemerintah secara positif.

"Karena sikap dewan ini merupakan wujud kepedulian dan cinta wakil rakyat terhadap daerahnya," katanya.

Dia juga mengimbau kepada anggota dewan beserta unsur Pemerintah Kota (Pemkot) Palu serius dalam mengikuti setiap agenda yang telah ditetapkan.

Sementara Sekretaris Kota (Sekkot) Palu, Asri mengajak kepada seluruh masyarakat Kota Palu untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban serta membuka lembaran baru yang lebih baik dalam semua aspek kehidupan dan memperbanyak amal dan ibadah kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Dikatakannya, dalam rangka pelayanan terhadap masyarakat UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah sebagaimana diubah dengan undang-undang nomor 9 tahun 2015 tentang perubahan kedua atas undang-undang nomor 23 tahun 2014 tetang pemerintahan daerah, telah mengamanatkan dan meletakkan prinsip otonomi daerah yang seluas-luasnya yang nyata dan bertanggung jawab.

"Sejalan dengan hal itu, maka melalui sidang paripurna ini, Pemkot Palu mengajukan satu kebijakan daerah yaitu Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban Wali Kota Palu Tahun Anggaran 2016," tambahnya.

Dia mewakili Wali Kota Palu menyampaikan penghargaan dan terima kasih sekaligus mengajak semua pihak untuk menyatukan tekad serta komitmen, membangun kebersamaan dan kekompakan untuk menggerakkan etos kerja agar mengoptimalkan pembangunan di Kota Palu.