Rabu, 26 April 2017

Donggala kembangkan UKM wisata bahari Pantai Kelapa

id pantai kaluku
Donggala kembangkan UKM wisata bahari Pantai Kelapa
Bupati Donggala, drs. Kasman Lassa SH menyerahkan bantuan kepada masyarakat sebagai bantun Usaha Kecil Menengah di objek wisata Pantai Kaluku Desa Limboro Kecamatan Banawa Tengah, Donggala. (Ibrahim Abas/ Humas Pemkab Donggala)
Pemerintah akan segera melengkapi atau memasukkan usaha kecil menengah berupa warung-warung makan di objek wisata bahari Pantai Kaluku (Pantai Kelapa)
Donggala, (Antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah, mulai mengembangkan usaha kecil dan menengah kuliner di objek wisata Pantai Kelapa di Banawa, untuk menunjang aktivitas kepariwisataan setempat.

Bupati Donggala Kasman Lassa di Donggala, Rabu, mengatakan objek wisata Pantai Kelapa perlu dikembangkan dengan mengadakan UKM di objek wisata tersebut, agar pengunjung dapat menikmati kuliner selain berwisata bahari.

"Pemerintah akan segera melengkapi atau memasukkan usaha kecil menengah berupa warung-warung makan di objek wisata bahari Pantai Kaluku (Pantai Kelapa), agar pengunjung tidak sekadar berwisata melainkan menikmati kuliner khas daerah," katanya.

Bupati Kasman Lassa mengakui bahwa pihaknya telah memberikan bantuan tenda kerucut beberapa petak serta perlengkapan dan kebutuhan lainnya pelaku usaha, untuk penunjang kegiatan usaha kuliner di objek wisata bahari tersebut.

Ia mengatakan objek wisata Pantai Kaluku dalam sepekan dikunjungi oleh 3.000 orang. Mereka datang antara lain dari Kabupaten Sigi, Parigi Moutong, Kota Palu, dan Kabupaten Mamuju Utara, Sulawesi Barat serta Kabupaten Donggala.

Setiap Sabtu atau libur akhir pekan, jumlah kendaraan roda dua yang tiba di objek wisata tersebut mencapai 700 kendaraan, sedangkan pengujung yang menggunakan kendaraan roda empat, pada akhir pekan mencapai lebih dari 200 unit.

"Animo masyarakat dari berbagai daerah untuk datang ke objek wisata tersebut sangat tinggi, hal itu dibuktikan dengan banyaknya kendaraan yang terparkir pada libur akhir pekan, Sabtu dan Minggu," katanya.

Ia menjelaskan pengembangan objek wisata Pantai Kaluku di Desa Limboro, Kecamatan Banawa, menjadi salah satu bentuk penguatan dan penunjang bagi Kota Donggala yang akan dideklarasikan sebagai kota wisata dalam waktu dekat ini.

Ia menjelaskan pencanangan Kota Donggala sebagai kota wisata perlu didukung dengan ketersediaan objek-objek wisata menarik dengan fasilitas memadai, termasuk infastruktur dan sarana prasarana penunjang objek wisata.

"Donggala sebagai kota wisata, itu tidak hanya berarti bahwa Kota Donggala adalah kota wisata, melainkan Kabupaten Donggala merupakan daerah destinasi wisata. Olehnya, perlu didukung ketersediaan objek-objek wisata yang baik di sekitarnya," kata Kasman.

Editor: Anas Masa

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga