Selasa, 24 Januari 2017

Pemkab Donggala Upayakan Koperasi Nelayan

id Bupati Donggala
Pemkab Donggala Upayakan Koperasi Nelayan
Bupati Donggala Drs. Kasman Lassa SH menyerahkan bantuan kepada nelayan (Ibrahim Abas/ Humas Pemkab Donggala)
Bupati Kasman Lassa : perlu ada koperasi nelayan yang berfungsi sebagai tempat simpan dan pinjam
Donggala, (Antarasulteng.com) - Pemerintah Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah berupaya mengadakan koperasi simpan dan pinjam khusus para nelayan, untuk membantu memenuhi kebutuhan nelayan di daerah tersebut demi kesejahteraan.

Bupati Donggala, Kasman Lassa, menyatakan di Donggala, Rabu, nelayan perlu di fasilitasi lembaga koperasi dengan harapan dapat mendongkrak pemenuhan kebutuhan rumah tangga oleh para nelayan di daerah tersebut.

"Iya, perlu ada koperasi nelayan yang berfungsi sebagai tempat simpan dan pinjam. Ini akan sangat membantu nelayan untuk memenuhi kebutuhan pribadi, keluarga dan sebagainya serta sebagai penunjang kesejahteraan nelayan," ungkap Bupati Kasman Lassa.

Bupati Kasman Lassa mengakui bahwa nelayan di daerah tersebut measih mengalami kesulitan terkait pemenuhan kebutuhan rumah tangga, biaya untuk kelengkapan pendidikan anak, serta jaminan akses kesehatan bagi keluarga.

Pemkab Donggala, tegas Bupati, telah berupaya untuk mendekatkan kesejahteraan dengan nelayan dan keluarga nelayan meliputi pemberian akses pendidikan, yaitu gratis pendidikan sembilan tahun serta pemberian bantuan beasiswa.

Selain itu, urai Bupati, Pemkab juga memberikan bantuan jaminan kesehatan lewat BPJS Kesehatan untuk keluarga atau masyarakat berpendapatan dibawah rata-rata, agar masyarakat mudah mendapatkan layanan kesehatan ketika menderita berbagai penyakit.

Tidak hanya, kata dia, Pemkab Donggala juga membangun hunian atau rumah bagi nelayan yang belum memiliki hunian permanen, hal itu sebagai upayah pengurangan kemiskinan didaerah tersebut yang dinilai indikator tempat tinggal.

"Pemkab Donggala telah memberikan bantuan untuk kemudahan bagi nelayan dan keluarga nelayan meliputi bantuan pendidikan gratis bagi anak-anak nelayan, bantuan untuk kesehatan nelayan dan keluarga termasuk bantuan bedah rumah," ujarnya.

Ia menjelaskan koperasi nelayan berperan untuk mengimbangi dan memenuhi kebutuhan rumah tangga nelayan, meliputi kebutuhan sehari-hari setelah nelayan mendaptkan akses kesehatan, pendidikan dan hunian sederhana.

"Saat ini Pemkab Donggala mengupayakan koperasi nelayan untuk dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari para nelayan dengan sistem simpan dan pinjam, hal ini lebih mengarah pada kebutuhan dapur nelayan," jelasnya.

Editor: Anas Masa

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga